Waspada! Penipuan Online Makin Marak di Jawa Tengah

Selasa, 07 Maret 2023 – 10:35 WIB
Waspada! Penipuan Online Makin Marak di Jawa Tengah - JPNN.com Jateng
Diskominfo Jawa Tengah mengimbau masyarakat hati-hati dan lebih waspada pada modus penipuan online. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah Riena Retnaningrum mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap penipuan online atau daring.

"Sekarang ini marak penipuan daring seperti mengirimkan file .APK melalui pesan aplikasi WhatsApp, pinjaman daring via SMS dengan iming-iming yang menggiurkan, bahkan penipuan melalui telepon," ungkapnya, Selasa (7/3).

Dia menjelaskan berdasarkan layanan CekRekening.id dari Kemkominfo telah menerima kurang lebih 486.000 laporan dari masyarakat terkait pidana informasi dan transaksi elektronik pada periode 2017-2022.

"Kini penipuan online atau daring makin marak, masyarakat harus tetap waspada. Upaya mencegah penipuan daring sebenarnya mudah dikenali yaitu salah satunya kalimatnya selalu hiperbola, menjanjikan hal yang indah," jelasnya.

Oleh karena itu, dirinya mengingatkan agar masyarakat tidak mempercayai kalimat-kalimat hiperbola atau menjanjikan hal-hal yang indah dan manis.

"Jika ada link dan telepon dari nomor tak dikenal, tidak usah ditanggapi,"katanya.

Selain itu, Riena meminta masyarakat menjaga dan melindungi privasi data diri dengan tidak membagikan data pribadi, kata sandi, nomor PIN atau OTP.

Jika sudah telanjur menjadi korban penipuan daring, lanjut Riena, segera hubungi call center aplikasi uang elektronik atau perbankan untuk pengaduan dan penyelesaian, serta kemudian melaporkan ke pihak yang berwenang guna penyelidikan lebih lanjut. (antara/jpnn)

Warga Provinsi Jawa Tengah diimbau mewaspadai berbagai modus dan praktik penipuan online yang kini sedang marak.

Redaktur & Reporter : Danang Diska Atmaja

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News