Pemprov Jateng Siapkan Jembatan Timbang Portable di Ruas Jalan Solo-Purwodadi

Selasa, 14 Maret 2023 – 06:04 WIB
Pemprov Jateng Siapkan Jembatan Timbang Portable di Ruas Jalan Solo-Purwodadi - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SOLO - Truk Over Dimensi dan Over Load (ODOL) ditengarai menjad penyebab rusaknya dalan raya lintas provinsi di ruas jalan Solo-Purwodadi.

Oleh karenanya, untuk memperpanjang usia jalan agar tidak mudah rusak makan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mewacanakan adanya timbangan portable.

Pernyataan tersebut diungkapkan Ganjar seusai mengecek ruas Jalan Solo-Purwodadi di Kabupaten Sragen, Senin (13/3).

“Hampir semua angkutan yang lewat sini ODOL semuanya. Maka saya akan minta kepada pihak terkait untuk dilakukan pengecekan random dengan membuat jembatan timbang portable untuk kami cek di sini,” ujarnya.

Selain meminta dukungan dari Kementerian Perhubungan dan Kepolisian untuk penindakan, Ganjar juga meminta dukungan masyarakat berpartisipasi dalam upaya memperlama usia jalan raya.

“Itu kapasitas truk yang sekitar lima ton itu ngangkutnya 12 ton, jadi sudah melebihi dan pasti merusak. Ya merusak truknya ya merusak jalannya. Jadi kami butuh dukungan masyarakat, kalau tidak nanti ya cepat rusak,” tutur Ganjar.

Ganjar berharap penganggaran untuk wacana tersebut bisa tuntas dan jalan-jalan yang rusak bisa segera diperbaiki. Termasuk juga mengevaluasi aplikasi Jalan Cantik agar lebih optimal fungsinya.

“Aplikasi Jalan cantiknya mesti evaluasi termasuk para penjaga jalannya, ya memang setelah covid kemarin kami agak terganggu dari sisi penganggarannya ya. Makanya sekarang, kan, kami optimalkan lagi karena sekarang sudah mulai ramai normal kami menyiapkan musrenbang nanti juga dengan penganggaran,” ujarnya.(mcr21/jpnn)

Truk Over Dimensi dan Over Load (ODOL) ditengarai menjad penyebab rusaknya dalan raya lintas provinsi di ruas jalan Solo-Purwodadi.

Redaktur : Sigit Aulia Firdaus
Reporter : Romensy Augustino

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News