Ganjar Minta Kepala Daerah Mengantisipasi Pasar Tumpah Selama Mudik 2023

Rabu, 12 April 2023 – 21:55 WIB
Ganjar Minta Kepala Daerah Mengantisipasi Pasar Tumpah Selama Mudik 2023 - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi dan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono di Rama Sinta Ballroom Hotel Patra, Semarang, Rabu (12/4). FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak seluruh bupati dan wali kota bersinergi dengan TNI-Polri selama masa mudik lebaran.

Ganjar menekankan agar semua kepala daerah mengantisipasi pasar tumpah dan tempat yang berpotensi kerumunan di sepanjang jalur mudik.

"Kami minta untuk daerah menjaganya dengan baik. Pemkab atau pemkot kami minta kerahkan Satpol PP-nya untuk bisa mengajak kelompok masyarakat untuk bisa menjaga, itu penting," kata Ganjar, seusai Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Candi 2023 di Rama Sinta Ballroom Hotel Patra, Semarang, Rabu (12/4).

Upaya itu, kata Ganjar, karena Jawa Tengah diperkirakan menjadi tujuan tertinggi para pemudik. Begitu juga, jalur di Jawa Tengah akan menjadi persinggahan bagi pemudik yang sedang menuju kampung halaman.

"Jawa Tengah kira-kira akan menjadi destinasi mudik dengan jumlah pemudik tertinggi, terbanyak, sehingga kami betul-betul menyiapkan," katanya.

Selain itu, Ganjar juga menekankan kenyamanan dan keamanan bagi pemudik. Fokus utama agar perbaikan jalan di tingkat kabupaten/kota dikebut. Begitu pula, kata dia untuk jalan provinsi, sejauh ini sudah terus dilakukan perbaikan secara bertahap.

"Jalan ini menjadi penting, karena kemarin komplain jalan rusaknya cukup banyak," ujarnya.

Selain perbaikan jalan, Ganjar mengimbau agar beberapa gedung yang ada di jalur mudik disiapkan menjadi rest area darurat. Hal itu untuk mengantisipasi seandainya rest area yang telah tersedia tidak cukup menampung pemudik.

Ganjar Pranowo mengajak seluruh bupati dan wali kota bersinergi dengan TNI-Polri selama masa mudik lebaran.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News