Polda Jawa Tengah Terapkan Sistem Satu Arah di Jalan Tol

Senin, 17 April 2023 – 20:58 WIB
Polda Jawa Tengah Terapkan Sistem Satu Arah di Jalan Tol - JPNN.com Jateng
Situas gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Senin (17/4/2023). (ANTARA/ I.C.Senjaya)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Polda Jawa Tengah akan memberlakukan sistem saru arah atau one way di jalur tol Trans Jawa mulai dari Jakarta hingga gerbang Tol Kalikangkung Semarang.

Hal tersebut dilakukan untuk mengatasi kepadatan kendaraan yang diprediksi mencapai puncaknya pada H-3 Lebaran.

"Besok mulai pukul 14.00 dimulai one way nasional dari Jakarta hingga Kalikangkung," kata Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi, Senin (17/4).

Dia menjelaskan seluruh pengemban fungsi lalu lintas sudah melatih cara bertindak yang harus dilakukan saat pemberlakuan sistem satu arah itu.

Menurut dia, dua jam sebelum diberlakukan one way akan dilakukan pembersihan jalur mulai dari Semarang hingga Brebes.

"Kendaraan yang masih berada di jalur yang digunakan untuk one way akan dikeluarkan mulai dari Krapyak hingga Brebes," katanya.

Menurut dia, jika kepadatan kendaraan dari arah barat yang masuk ke Kalikangkung masih tinggi, maka dimungkinkan sistem satu arah diperpanjang hingga pintu Tol Bawen di Kabupaten Semarang.

"Cara bertindak juga disiapkan di tempat-tempat beristirahat dengan menetapkan maksimal 30 menit untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan pemudik," ungkapnya.

Polda Jawa Tengah akan memberlakukan sistem saru arah atau one way di jalur tol Trans Jawa mulai dari Jakarta hingga gerbang Tol Kalikangkung Semarang.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News