Hadapi Mudik Lebaran 2023, Dishub Semarang Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Selasa, 18 April 2023 – 11:59 WIB
Hadapi Mudik Lebaran 2023, Dishub Semarang Siapkan Rekayasa Lalu Lintas - JPNN.com Jateng
Sejumlah peserta Program Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut KM Dobonsolo asal Tanjung Priok, Jakarta bersiap melanjutkan perjalanan setibanya di dermaga Terminal Penumpang Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Minggu (16/4/2023). . ANTARA FOTO/Aji Styawan/nym. (ANTARA FOTO/AJI STYAWAN)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Menghadapi mudik Lebaran 2023, Dinas Perhubungan Kota Semarang bersama Satlantas Polrestabes Semarang akan mempersiapkan skema rekayasa lalu lintas.

Rekayasa lalu lintas tersebut untuk mengurai kepadatan kendaraan di jalan-jalan protokol perkotaan saat arus mudik dan balik Lebaran 2023.

"Untuk strategi, kami sudah sepakati dengan jajaran Satlantas. Intinya, dinamika lalu lintas setiap saat berubah terus," kata Kepala Dishub Kota Semarang Endro Pudyo Martanto, Selasa (18/4).

Rekayasa lalu lintas, kata dia, sewaktu-waktu bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan, seperti pada arus mudik Lebaran tahun lalu di Jalan Pandanaran Semarang yang dijadikan empat lajur.

"Kami sewaktu-waktu bisa melakukan rekayasa (lalu lintas, red.) sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, Jalan Pandanaran bisa aja seperti dulu dijadikan empat lajur. Yang satu lajur lebih landai," katanya.

Dia menjelaskan Dishub telah menyiapkan setidaknya tujuh posko untuk pantauan mudik, yakni di kawasan Tugu Muda, Simpang Lima, Gedung Dinkes, Terminal Cangkiran, Terminal Terboyo, dan Terminal Gunungpati.

"Satu lagi, posko induk yang disiapkan di Area Traffic Control System (ATCS) Room yang bersiaga penuh selama 24 jam dengan total personel yang dikerahkan sebanyak 360 orang," ungkapnya.

Untuk kepadatan arus lalu lintas, Endro mengakui memang sudah mulai terjadi peningkatan arus kendaraan di pusat kota, tetapi sejauh ini masih didominasi warga lokal.

Menghadapi mudik Lebaran 2023, Dinas Perhubungan Kota Semarang bersama Satlantas Polrestabes Semarang akan mempersiapkan skema rekayasa lalu lintas.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News