Semua Pasar Tradisional di Kudus Tutup 2 Hari Saat Lebaran, Ada Imbauan Penting!

Rabu, 19 April 2023 – 18:25 WIB
Semua Pasar Tradisional di Kudus Tutup 2 Hari Saat Lebaran, Ada Imbauan Penting! - JPNN.com Jateng
Pasar Kliwon sebagai salah satu pasar tradisional terbesar di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

jateng.jpnn.com, KUDUS - Pemkab Kudus, Jawa Tengah, memutuskan untuk menutup semua pasar tradisional selama dua hari pada akhir pekan Sabtu dan Minggu untuk menyambut Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan masing-masing koordinator pasar untuk diteruskan kepada pedagang bahwa Sabtu (22/4) dan Minggu (23/4) tutup karena libur Lebaran," kata Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan Kudus Albertus Harys Yunanto, Rabu (19/4).

Sebelum memasuki hari libur, kata dia, semua pedagang diinstruksikan untuk mematikan semua peralatan elektroniknya dan mencabut kabel yang menempel pada stop kontak demi menghindari kemungkinan terjadinya korsleting listrik yang bisa mengakibatkan kebakaran.

Meskipun libur dua hari, imbuh dia, petugas jaga tetap disiagakan di masing-masing pasar tradisional, demi menjaga barang dagangan milik pedagang aman tidak ada kasus pencurian.

"Mereka juga bertugas memantau wilayah pasar, jika ditemukan hal-hal yang membahayakan yang bisa berdampak terjadinya kebakaran atau lainnya juga harus bertindak cepat melakukan penanganan," ujarnya.

Kasus kebakaran di Pasar Kliwon sebelumnya diduga berasal dari peralatan elektronik salah satu pedagang yang lupa dimatikan saat tokonya tutup.

Setelah semua pedagang libur, maka petugas akan berkeliling mengecek masing-masing kios pedagang apakah masih ada lampu atau peralatan elektronik yang menyala untuk dimatikan melalui pemutus arus listrik (miniatur circuit breaker/MCB).

"Selain peralatan elektronik, petugas juga kami minta mengecek kompor gas para pedagang kuliner. Sedangkan terkait listrik demi menjaga keamanan dari potensi kebakaran, maka MCB semua kios pedagang tentunya akan dimatikan," ujarnya.

Pemkab Kudus memutuskan untuk menutup semua pasar tradisional selama dua hari pada akhir pekan Sabtu dan Minggu
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News