DPRD: Normalisasi Sungai Plumbon Jadi Satu-satunya Solusi Banjir di Semarang

Rabu, 10 Mei 2023 – 11:39 WIB
DPRD: Normalisasi Sungai Plumbon Jadi Satu-satunya Solusi Banjir di Semarang - JPNN.com Jateng
Ketua DPRD Kota Semarang Kadarlusman. (ANTARA/Zuhdiar Laeis)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Langkah pembebasan lahan untuk normalisasi Sungai Plumbon Semarang, Jawa Tengah, masih menunggu DED (detail engineering design) dari pemerintah pusat.

"Rencana di tahun ini ya. Mungkin nanti di (APBD) perubahan. Rencananya sudah, tinggal DED yang dari pusat," kata Ketua DPRD Kota Semarang Kadarlusman, Rabu (10/5).

Diakui Pilus, sapaan akrabnya, normalisasi Sungai Plumbon merupakan satu-satunya solusi yang paling baik untuk mengatasi banjir yang kerap terjadi di kawasan Mangkang, Semarang.

Untuk Sungai Beringin di wilayah tersebut yang semula kerap meluap, kata dia, saat ini sudah diatasi dengan normalisasi dan tinggal menyisakan beberapa puluh meter saja.

"Yang di Sungai Beringin, Alhamdulillah sudah teratasi. Hanya tinggal beberapa yang tahap kedua. Beberapa puluh meter saja. Yang harus diselesaikan dalam waktu dekat ya Sungai Plumbon," katanya.

Pilus mengatakan sejauh ini belum memonitor mengenai perkembangan DED yang disusun pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait normalisasi Sungai Plumbon.

"(Progres, red.) DED belum monitor, tetapi infonya dari Pak Menteri (Menteri PUPR, red.) waktu itu pada tahun ini," katanya.

Proyek normalisasi Sungai Plumbon memang ditangani oleh pemerintah pusat, tetapi pembebasan lahan menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota Semarang.

Ketua DPRD Kota Semarang Kadarlusman menyebut bahwa satu-satunya solusi mengatasi banjir di Semarang adalah dengan normalisasi Sungai Plumbon.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News