Pemkab Batang Jamin PPDB SMP Tahun Ini Bebas Praktik Titipan

Senin, 29 Mei 2023 – 19:37 WIB
Pemkab Batang Jamin PPDB SMP Tahun Ini Bebas Praktik Titipan - JPNN.com Jateng
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang Bambang Suryantoro. (ANTARA/HO-Humas Kabupaten Batang)

jateng.jpnn.com, BATANG - Pemkab Batang, Jawa Tengah, menjamin penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk jenjang sekolah menengah pertama (SMP) pada tahun ajaran 2023/2024 bebas dari titipan atau relasi.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Batang Bambang Suryantoro mengatakan bahwa pihaknya sudah mengundang lintas sektoral melakukan penandatanganan bersama untuk mewujudkan PPDB tidak ada titipan atau relasi.

"Kami mengundang perwakilan masyarakat, Ketua Dewan Pendidikan, dan perwakilan DPRD untuk berkomitmen mensukseskan penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2023/2024 jenjang SMP dengan menolak titipan atau relasi," katanya, Senin (29/5).

Menurut dia, pihaknya akan melaksanakan penerimaan peserta didik baru sesuai dengan regulasi dan sistem yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Secara umum, kata dia, aturannya tidak berbeda dengan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru tahun sebelumnya yaitu ada empat jalur yang dibuka yaitu jalur zonasi, prestasi, afirmasi, dan mutasi.

Bambang mengatakan untuk jalur zonasi mendapatkan kuota minimal 60 persen, afirmasi dengan kuota maksimal 15 persen, prestasi maksimal 20 persen, dan jalur mutasi maksimal 5 persen.

Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Batang Wilopo berharap pelaksanaan penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2023/2024 bisa dilakukan sesuai aturan.

"Selain itu, dalam pelaksanaan penerimaan peserta didik baru juga tidak terkendala baik melalui jalur daring maupun luring. Kami berharap semuanya bisa berjalan lancar sesuai aturan," katanya.

Pemkab Batang menjamin penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk jenjang SMP pada tahun ajaran 2023/2024 bebas dari titipan atau relasi.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News