Ganjar Ketemu Biksu Thudong di Musala Sebelum Borobudur

Selasa, 30 Mei 2023 – 11:04 WIB
Ganjar Ketemu Biksu Thudong di Musala Sebelum Borobudur - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bertemu biksu thudong di sebuah musala di Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyapa 32 biksu yang melakukan ritual thudong dari Thailand ke Indonesia, di Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, Selasa (30/5). Saat itu, para biksu sedang beristirahat di sebuah musala.

Momen pertemuan itu terjadi kala Ganjar sedang menuju ke Magelang. Di tengah perjalanan, Ganjar menghentikan laju kendaraannya dan bertemu dengan para biksu thudong yang tengah beristirahat di sana.

Dia mengatakan, sejak beberapa hari suasana toleransi tercermin saat masyarakat tumpah menyambut kehadiran biksu, terutama ketika mereka melintasi atau bermalam di daerahnya.

"Mereka sudah hampir sampai di Borobudur, mereka jalan kurang lebih 1.300 kilometer. Wow. Tentu saja sambutan masyarakat sangat bagus sekali," kata Ganjar.

Sejak menapak di tanah air, kehadiran para biksu ini menarik perhatian masyarakat. Tak hanya mereka yang beragama Buddha, tetapi seluruh umat lintas agama pada umumnya.

"Hari ini mereka istirahat di musala, dan betapa sebenarnya cerminan yang sangat bagus ya masyarakat membantu, menyambut para biksu dari Thailand ini yang sudah berjalan sangat jauh," ujarnya.

Ganjar berharap suasana dan keramahan yang ditunjukkan masyarakat Jawa Tengah itu memberikan kenyamanan hingga para biksu itu tiba di Candi Borobudur, Magelang.

"Sebentar lagi mereka akan sampai di Borobudur, untuk memulai prosesi-prosesi ritual keagamaan. Ya tentu kita menyambut dengan senang tamu-tamu kita, mudah-mudahan ini cerminan keramahan Indonesia terhadap siapapun," ujarnya.

Ganjar Pranowo menyapa 32 biksu thudong dari Thailand ke Indonesia, di Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, saat para biksu sedang beristirahat di musala.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News