Ganjar Serukan Kades Gali Sejarah Desa untuk Menuju Kemakmuran

Kamis, 01 Juni 2023 – 14:37 WIB
Ganjar Serukan Kades Gali Sejarah Desa untuk Menuju Kemakmuran - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo seusai memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 di lereng Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, tepatnya di alun-alun Pancasila Desa Cepogo Kabupaten Boyolali. Foto: Humas Pemprov Jateng

jateng.jpnn.com, BOYOLALI - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak kepala desa (kades) di Kabupaten Boyolali menggali sejarah desanya.

"Kepada seluruh kepala desa yang hadir, ayo gali sejarah desa agar jadi pintu masuk kemakmuran untuk semua," katanya saat memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, di Alun-Alun Pancasila, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Kamis (1/6).

Ganjar meminta pemdes melibatkan para tetua dan pemuda, atau mengundang perguruan tinggi, dan minta bantuan sama kabupaten atau provinsi.

Menurutnya, hal itu hendaknya dilakukan dengan gotong-royong, karena itulah spirit hidup bernegara Indonesia.

Saat ini, lanjut dia, desa wisata juga mulai menggali sejarahnya masing-masing karena dari situ akan muncul narasi yang memperkuat mental sekaligus optimisme warga.

Setelah narasi dan optimisme warga terbangun, kata Ganjar, semua akan bergerak secara optimal untuk meraih kemakmuran.

"Jadi orang-orang desa tidak perlu lagi merantau untuk mencari nafkah karena di kampung halaman, rezekinya sudah melimpah," ujarnya.

Termasuk Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar di Alun-Alun Pancasila di Cepogo, hari itu. Upacara yang digelar di Alun-alun Pancasila ini dapat menjadi pengingat seluruh masyarakat tentang dasar negara Indonesia.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta kades di Boyolali menggali sejaraha desa masing-masing sebagai pintu awal menuju kemakmuran.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News