Puluhan PKBM Grobogan Ikuti Sosialisasi Raport Pendidikan Satuan Nonformal

Sabtu, 10 Juni 2023 – 00:02 WIB
Puluhan PKBM Grobogan Ikuti Sosialisasi Raport Pendidikan Satuan Nonformal - JPNN.com Jateng
Ketua Forum PKBM Kabupaten Demak Kusfitria Marstyasih dalam sosialisasi raport pendidikan satuan nonformal digelar di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan, Jumat (9/6). FOTO: Dokumen untuk JPNN.com.

jateng.jpnn.com, GROBOGAN - Sosialisasi raport pendidikan satuan nonformal digelar di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan, Jumat (9/6). Kegiatan tersebut menjadi ruang temu dan rembuk puluhan pengelola dan operator Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) wilayah setempat.

Sekretaris Dinas Pendidikan Grobogan Wahono mengatakan raport pendidikan merupakan platform program pemerintah yang berisi data-data yang saling terintegrasi.

"Selama ini data sering diremehkan, karena itu sekarang harus tumbuh kesadaran bahwa segala sesuatu dimulai dengan data yang akurat," tuturnya membuka sosialisasi tersebut.

Menurutnya, data di Indonesia masih dinilai lemah, karena itu mutu pendidikan harus bebasis data.

Belum lagi di dalam raport pendidikan bermanfaat untuk pemenuhan standar pelayanan minimal. Salah satu standar pelayanan yakni angka partisipasi sekolah (APS).

"Manfaat raport pendidikan sebagai sarana evaluasi diri satuan pendidikan," ujarnya.

Kegiatan tersebut juga menghadirkan narasumber bidang terkait, yakni Ketua Forum PKBM Kabupaten Demak Kusfitria Marstyasih.

Dia menyampaikan bahwa sebagai sistem yang terintegrasi melalui berbagai aplikasi di antaranya dapodik, AN, BPS dan sebagainya maka lembaga PKBM sangat perlu menertibkan pendataan mulai dari input hingga pengelolaan lanjutan.

Sosialisasi raport pendidikan satuan nonformal digelar di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan, Jumat (9/6).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News