Ganjar Optimistis Angka Stunting di Jawa Tengah Akan Turun

Jumat, 09 Juni 2023 – 07:00 WIB
Ganjar Optimistis Angka Stunting di Jawa Tengah Akan Turun - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Ganjar Pranowo saat meninjau penanganan stunting di Posyandu Desa Karangsari, Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, KENDAL - Penanganan stunting masih menjadi perhatian Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Kali ini, Ganjar kembali meninjau Posyandu Desa Karangsari, Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal, Kamis (8/6).

Menurutnya, penanganan stunting di Desa Karangsari sudah bagus. Hanya tinggal satu anak stunting yang perlu diintervensi selama tiga bulan.

"Ternyata pendataan di sini bagus ya. Tadi jumlahnya juga tidak terlalu banyak, di titik ini hanya ada satu saja tadi dan di beberapa yang lain tadi kami minta untuk dicek," kata Ganjar.

Rendahnya angka stunting di desa tersebut merupakan contoh langkah penanganan yang dilakukan sudah tepat, di antaranya pemberian asupan gizi yang bagus dan rutin bagi anak stunting, maupun bagi balita lainnya.

"Artinya treatment-nya sudah benar. Tim dari Bupati Kendal juga sudah jalan bagus," ujarnya.

Terutama untuk balita yang mendapatkan treatment stunting, Ganjar meminta agar pengawasan rutin terus dilakukan selama tiga bulan. Setelah itu, dilakukan pemeriksaan lagi apakah sudah lepas dari risiko stunting.

"Saya minta tiga bulan untuk mereka yang dikasih treatment stunting itu dipastikan terawasi dengan baik. Sehingga, kalau disiplin, insyaallah tiga bulan sudah kelihatan hasilnya atau selesai," katanya.

Melihat praktik yang ada di Desa Karangsari, Ganjar sangat optimistis penurunan angka stunting di Jawa Tengah akan signifikan. Dengan catatan, praktik serupa dilakukan di daerah lain secara intens dalam tiga bulan terakhir.

Penanganan stunting masih menjadi perhatian Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News