Nama AHY Masuk Daftar Cawapres Pendamping Ganjar, Hasto Ungkap Alasannya

Kamis, 08 Juni 2023 – 14:50 WIB
Nama AHY Masuk Daftar Cawapres Pendamping Ganjar, Hasto Ungkap Alasannya - JPNN.com Jateng
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jateng.jpnn.com, JAKARTA - Nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) masuk dalam radar PDI Perjuangan untuk menjadi bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Masuknya AHY, merujuk dari pernyataan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani yang sempat menyebutkan nama AHY sebagai salah satu kandidat bacawapres pendamping Ganjar.

Menanggapi AHY masuk daftar nama pendamping Ganjar, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan partainya berupaya menerapkan spirit merangkul dalam seluruh elemen politik.

"Spirit merangkul itulah yang ingin diterapkan ketua DPP PDIP Puan Maharani ketika menyebut nama AHY," ujarnya saat menjawab pertanyaan awak media di Sekolah Partai, Jakarta Selatan, Kamis (8/6).

Hasto memahami posisi politik AHY bersama Partai Demokrat berbeda dengan PDIP menjelang Pilpres 2024. Terlebih, Partai Demokrat saat ini terlibat kerja sama politik dengan Partai NasDem dan PKS. Namun, dia meyakini ruang dialog harus dibuka dalam perpolitikan.

"PDIP memahami etika politik. Namun, ketika ada masukan itu (nama AHY jadi bakal cawapres), ya, menjadi tanggung jawab dari kami untuk disampaikan ke publik," ujar Hasto.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan daftar nama yang memiliki potensi untuk dipertimbangkan bacawapres yang masuk radar PDIP.

Sejumlah nama yang masuk untuk dipertimbangkan, kata Puan, di antaranya Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Hasto Kritiyanto ungkap alasan nama Ketum Partai Demokrat AHY masuk daftar bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News