Rob di Pekalongan, Pemkot Pastikan Ketersedian Air Bersih Aman

Kamis, 15 Juni 2023 – 15:16 WIB
Rob di Pekalongan, Pemkot Pastikan Ketersedian Air Bersih Aman - JPNN.com Jateng
Sejumlah wilayah Kota Pekalongan tergenang rob. Untuk membantu korban rob, Pemkot Pekalongan menyediakan air bersih dan layanan kesehatan, Kamis (15/6/2023). (ANTARA/Kutnadi)

jateng.jpnn.com, PEKALONGAN - Pemkot Pekalongan, Jawa Tengah, memastikan ketersediaan air bersih masih aman dan cukup untuk korban banjir rob di daerah tersebut.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan Aprilyanto Dwi Purnomo mengatakan pihaknya sudah menyediakan tandon air yang disuplai perusahaan daerah air minum setempat.

Menurutnya, saat ini sejumlah wilayah masih tergenang rob akibat limpasan pasang air laut yang mengakibatkan tanggul rusak.

"Oleh karena itu, sebagai langkah antisipasi kami telah menyiagakan petugas dan menyuplai air bersih pada korban rob. Rob memang sudah menggenangi wilayah pemukiman warga, tetapi waktunya sementara di jam tertentu," katanya, Kamis (15/6).

Sejumlah wilayah yang masih tergenang rob antara lain Kelurahan Padukuhan Kraton, Pabean, Bandengan, dan sebagian wilayah Kandang panjang.

Saat ini pihaknya masih terus melakukan langkah antisipasi seperti patroli, monitor wilayah, dan kesiapsiagaan tim penanggulangan bencana di setiap kelurahan.

Adapun tanggul yang rusak akibat limpasan gelombang air laut, kata dia, sudah ditutup agar tidak mengganggu masyarakat yang akan bekerja.

Apriliyanto Dwi Purnomo mengatakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini banjir atau rob di pesisir utara Jawa Tengah akibat peningkatan ketinggian pasang air laut pada 13 Juni 2023.

Rob di Pekalongan menyebabkan tanggul laut rusak sehingg air memasuki permukiman warga. Pemkot pastikan ketersediaan air bersih terjaga.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News