Komitem Gibran Beri Ruang untuk Pemasaran Produk UMKM

Kamis, 15 Juni 2023 – 22:20 WIB
Komitem Gibran Beri Ruang untuk Pemasaran Produk UMKM - JPNN.com Jateng
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan akan terus berkomitmen memberikan ruang seluas-luasnya untuk pemasaran produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Mengenai peningkatan penjualan, kami melakukan pendampingan UMKM. Sekarang Sabtu-Minggu tidak pernah putus event-nya (acara)," katanya, Kamis (15/6).

Dia menjelaskan dengan adanya acara terutama hiburan yang melibatkan pelaku usaha, otomatis akan membuat sektor UMKM makin bergeliat.

"Ada pendampingan UMKM yang dilakukan oleh Pemkot Surakarta bersama BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga), hingga NIB (Nomor Induk Berusaha) dengan memberikan workshop, pameran, hingga perizinan yang dapat dilakukan secara kolektif," jelasnya.

Selain itu, sesuai dengan arahan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, kata dia, jangan sampai semua UMKM ada di sektor kuliner atau food and beverage.

"Kami ingin mengarah ke sektor-sektor lain," katanya.

Terkait hal itu, sebelumnya, Teten mengatakan pemerintah terus berupaya menanamkan pola pikir ke pelaku usaha agar mengarah ke industri.

"Tujuannya supaya produk UMKM masuk ke pasar global. Standardisasi produk harus industrial standar, kalau tidak UMKM kita hanya mendominasi di sektor kuliner," kata Teten.

Dia mengatakan UMKM di masa depan harus mampu menghasilkan produk berkualitas terstandardisasi yang memperhatikan inovasi, desain, pengemasan produk, hingga kontinuitas produksinya.

"Pelaku UMKM harus memiliki sikap yang terbuka terhadap perbaikan kualitas produknya agar dapat berdaya saing di pasar lokal, domestik, ataupun luar negeri," katanya. (antara/jpnn)

Gibran Rakabuming Raka mengatakan akan terus berkomitmen memberikan ruang seluas-luasnya untuk pemasaran produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Redaktur & Reporter : Danang Diska Atmaja

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News