Kawanan Kera Serbu Permukiman Warga di Sukoharjo, Ini Penyebabnya

Selasa, 27 Juni 2023 – 18:25 WIB
Kawanan Kera Serbu Permukiman Warga di Sukoharjo, Ini Penyebabnya - JPNN.com Jateng
Kawanan kera masuk permukiman warga untuk mencari makan di Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, Selasa (27/6/2023). (ANTARA/Bambang Dwi Marwoto)

jateng.jpnn.com, SUKOHARJO - Kawanan kera dari perbukitan Batu Seribu dalam sebulan terakhir berkeliaran mencari makan di lingkungan permukiman warga di Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (27/6).

Sukini (38), warga Dusun Beseng di Desa Gentan, mengatakan bahwa kawasan kera yang masuk ke permukiman jumlahnya tidak menentu, tetapi kadang sampai 50 lebih.

Menurut dia, kera-kera yang datang dari bukit kadang merebut makanan yang dibawa oleh anak-anak serta masuk ke rumah warga atau warung makan untuk mendapatkan makanan.

Sukini menduga kera-kera itu masuk ke perkampungan karena kesusahan mendapat makanan di hutan selama musim kemarau.

Fahri (45), warga Desa Gentan yang lain, menyampaikan kera karena kelaparan berani mengganggu warga, menyerbu ke dalam rumah untuk mengambil makanan.

Dia menuturkan bahwa kera ekor panjang yang masuk ke permukiman kadang bermain di genteng rumah dan menyebabkan genteng rusak.

Selain di Sukoharjo, kawanan hewan juga turun ke sejumlah desa di sekitar hutan Gunung Gandul, Kabupaten Wonogiri.

Warga desa sudah melaporkan kejadian tersebut ke pemerintah desa, tetapi sampai sekarang belum ada upaya memadai untuk mengatasi masuknya satwa liar ke permukiman warga.

Kawanan kera serbu permukiman warga desa di Sukoharjo, Jawa Tengah. Ternyata ini penyebabnya.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News