Ironis! SD di Solo Ini Baru Dapat Satu Siswa pada PPDB 2023

Senin, 10 Juli 2023 – 19:06 WIB
Ironis! SD di Solo Ini Baru Dapat Satu Siswa pada PPDB 2023 - JPNN.com Jateng
SDN Tumenggungan di Solo, Senin (10/7/2023). ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tumenggungan, Solo, Jawa Tengah, hingga saat ini baru memperoleh satu siswa pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023/2024.

"Dari jalur afirmasi dapat satu. Kalau zonasi di lingkungan sekitar enggak ada anak," kata Kepala Sekolah SDN Tumenggungan Elly Maria, Senin (10/7).

Dia mengatakan secara zonasi memang ada dua sekolah yang letaknya berdekatan dengan SDN Tumenggungan yakni SDN Beskalan dan SDN Bromantakan.

Menurut dia, tiga sekolah tersebut sama-sama berada di Kelurahan Timuran, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Selain satu pendaftar dari jalur afirmasi, menurut dia, ada satu pendaftar lain yang kemungkinan akan didaftarkan melalui jalur offline.

"Usianya enam tahun, jadi harus melalui assessment," katanya.

Menurut dia, sebelum PPDB 2023 dibuka, sebetulnya pihak sekolah sudah melakukan sosialisasi di lingkungan sekitar, khususnya di Taman Kanak-kanak (TK) di sekitar sekolah.

"Sebelum PPDB kami sudah usaha ke TK-TK terdekat. Ada gelar karya juga dengan memanggil anak-anak TK. Namun, karena kondisi geografisnya pertokoan ya hasilnya seperti itu. Trennya menurun," katanya.

Dia mengatakan sekolah tersebut saat ini hanya memiliki 54 siswa, yakni ada 22 siswa kelas 6, sebelas siswa kelas 5, masing-masing delapan siswa kelas 4 dan 3, sedangkan kelas 2 ada lima siswa.

Meski nantinya hanya memiliki sedikit siswa baru, pihaknya berkomitmen untuk memberikan pembelajaran yang maksimal.

"Kami tetap ngopeni (menjaga) anak sebaik-baiknya, dengan kegiatan. Enggak kalah dengan teman-teman yang lain," katanya.(antara/jpnn)

Ironisnya SD di Solo ini yang hanya dapat satu siswa pada PPDB 2023. Kendati demikian, sang kepala sekolah tetap optimis.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News