Asyik, Solo Punya Shuttle Bus ke Tempat Wisata, Catat Rutenya!

Senin, 10 Juli 2023 – 16:00 WIB
Asyik, Solo Punya Shuttle Bus ke Tempat Wisata, Catat Rutenya! - JPNN.com Jateng
Shuttle bus yang siap melayani wisatawan di Solo terparkir di Terminal Tirtonadi Solo, Senin (10/7/2023). ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Pemkot Surakarta, Jawa Tengah, menyediakan shuttle bus untuk rute wisata di Solo menyusul terbatasnya lahan parkir di sejumlah destinasi.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta Taufiq Muhammad mengatakan beberapa proyek infrastruktur yang menjadi prioritas pemerintah merupakan tempat wisata sehingga harus didukung oleh sarana transportasi yang terintegrasi.

"Sebetulnya sudah ada Batik Solo Trans, tetapi itu di sarana perkotaan, bukan dari dan ke tempat wisata yang ada di seluruh kota," katanya, Senin (10/7).

Menurut dia dibutuhkan transportasi untuk mendukung akses wisata dengan menerapkan jaringan trayek.

Taufik mengatakan nantinya akan disiapkan tiga trayek yang seluruhnya menghubungkan tempat-tempat wisata.

Namun, lanjut dia, saat ini baru satu yang diaktifkan, yakni Terminal Tirtonadi-Masjid Seikh Zayed-Museum Sains-Solo Safari yang menjadi rute satu.

Sedangkan dua rute yang lain yakni Terminal Tirtonadi-Masjid Seikh Zayed-Pura Mangkunegaran-Vastenburg-Keraton Kasunanan-Pasar Klewer-Pura Mangkunegaran-Masjid Sheikh Zayed-Terminal Tirtonadi yang merupakan rute dua.

Lalu Terminal Tirtonadi-Taman Balekambang-Lokananta- Kampung Batik Laweyan yang menjadi rute tiga masih dipersiapkan.

"Yang dua dan tiga masih persiapan, yang sudah launching rute pertama," katanya.

Dia mengatakan layanan tersebut mulai beroperasi di Terminal Tirtonadi Solo pukul 08.00-22.00 WIB dengan tarif sementara sebesar Rp4.000.

Menurut dia, saat ini baru ada sepuluh unit bus yang melayani jaringan trayek wisata tersebut. Masing-masing bus berkapasitas sebanyak 30 penumpang.

"Totalnya ada 20 bus yang kami ajukan, sementara ini baru 10," katanya.(antara/jpnn)

Pemkot Surakarta menyediakan shuttle bus ke tempat wisata di Solo. Ada tiga rute bus tersebut, meski belum aktif seluruhnya.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News