Gelombang Tinggi 6 Meter Berpotensi Melanda Jawa Tengah

Kamis, 13 Juli 2023 – 13:32 WIB
Gelombang Tinggi 6 Meter Berpotensi Melanda Jawa Tengah - JPNN.com Jateng
Ilustrasi gelombang tinggi dan cuaca buruk. Foto: ANTARA/Rahmad

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini bahwa potensi gelombang tinggi akan melanda laut selatan Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Yogyakarta.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan gelombang tinggi itu berkisar empat sampai enam meter, dan diprediksi terjadi pada 13 sampai 14 Juli 2023.

Gelombang sangat tinggi tersebut, kata Teguh, berpotensi muncul di perairan selatan Sukabumi, perairan selatan Cianjur, perairan selatan Garut, perairan selatan Tasikmalaya, dan perairan selatan Pangandaran.

Selain itu, menurut prakiraan BMKG gelombang dengan kategori sangat tinggi berpeluang menghampiri perairan selatan Cilacap, perairan selatan Kebumen, perairan selatan Purworejo, dan perairan selatan Yogyakarta.

"Potensi terjadinya gelombang sangat tinggi itu dipicu oleh pola angin di wilayah Indonesia bagian selatan yang dominan bergerak dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan 8-25 knot," kata Teguh, Kamis (13/7).

Lebih lanjut, Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap telah mengeluarkan peringatan dini perihal peluang munculnya gelombang tinggi di laut selatan Jawa Barat-DIY yang berlaku hingga Jumat (14/7).

"Gelombang di laut selatan Jawa Barat-DIY belakangan cenderung tinggi (2,5 sampai empat meter) hingga sangat tinggi," jelasnya.

Menurut dia, hal itu terjadi karena wilayah perairan selatan Jawa Barat-DIY maupun Samudra Hindia selatan Jawa Barat-DIY akan memasuki puncak musim angin timuran, yang diprakirakan terjadi pada Agustus.

BMKG mengeluarkan peringatan dini bahwa potensi gelombang tinggi akan melanda laut selatan Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Yogyakarta.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News