8 Desa di Cilacap Kekeringan, Ribuan Warga Terdampak, BPBD Bergerak

Senin, 14 Agustus 2023 – 20:26 WIB
8 Desa di Cilacap Kekeringan, Ribuan Warga Terdampak, BPBD Bergerak - JPNN.com Jateng
Petugas BPBD Kabupaten Cilacap menyalurkan bantuan air bersih bagi warga Dusun Cihaur, Desa Gintungreja, Kecamatan Gandrungmangu, Cilacap, Senin (14/8/2023). ANTARA/HO-BPBD Cilacap

jateng.jpnn.com, CILACAP - Sebanyak delapan desa dari empat kecamatan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mengalami kekeringan pada musim kemarau 2023.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Cilacap Budi Setyawan mengatakan jumlah warga yang terdampak telah mencapai 9.153 jiwa dari 3.011 keluarga.

"Hari ini (14/8), kami kembali menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 2 tangki untuk 247 keluarga yang terdiri atas 809 jiwa di Desa Gintungreja, Kecamatan Gandrungmangu," katanya, Senin (14/8).

Dia mengatakan BPBD Kabupaten Cilacap hingga saat ini telah menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 40 tangki yang bersumber dari APBD Kabupaten Cilacap Tahun Anggaran 2023 untuk warga di delapan desa yang terdampak kekeringan.

"Bantuan air bersih untuk Kecamatan Kawunganten didistribusikan ke tiga dusun di Desa Bojong yang meliputi Bugelsampang sebanyak delapan tangki, Gunungjaya dua tangki, dan Jayagiri lima tangki," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, Dusun Karangsari di Desa Kawunganten sebanyak 3 tangki dan Dusun Sidasari Wetan di Desa Kubangkangkung sebanyak 1 tangki.

Sementara di Kecamatan Patimuan, bantuan air bersih didistribusikan ke tiga dusun di Desa Rawaapu yang meliputi Kalenanyar sebanyak 1 tangki, Rawaapu 3 tangki, dan Cikuning 1 tangki, serta Dusun Sekarmayang di Desa Bulupayung sebanyak 3 tangki.

Selanjutnya, bantuan air bersih untuk Kecamatan Dayeuhluhur didistribusikan ke dua dusun di Desa Matenggeng yang terdiri atas Cirateun sebanyak 1 tangki dan Sikluk 2 tangki serta Kecamatan Gandrungmangu yang meliputi Dusun Pagergunung di Desa Karanggintung sebanyak 8 tangki dan Dusun Cihaur di Desa Gintungreja sebanyak 2 tangki.

Sebanyak 8 desa dari empat kecamatan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mengalami kekeringan akibat musim kemaru 2023.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News