Kemenkeu Ungkap Faktor yang Buat Ekonomi Jateng Menggeliat

Selasa, 29 Agustus 2023 – 20:30 WIB
Kemenkeu Ungkap Faktor yang Buat Ekonomi Jateng Menggeliat - JPNN.com Jateng
Kepala Perwakilan Kementeruan Keuangan Jawa Tengah, Muhdi (ANTARA/ I.C.Senjaya)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah hingga triwulan II 2023 sebesar 5,23 persen. Capaian tersebut lebih tinggi dari nasional yang ada di angka 5,17 persen.

Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Jawa Tengah Muhdi pun mengungkapkan salah satu faktor yang membuat ekonomi Jateng menggeliat.

Menurutnya, penggunaan APBN di provinsi ini sejak periode Januari hingga Juli 2023 memberi kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi.

"Pelaksanaan APBN di Jawa Tengah diwarnai dengan indikator ekonomi makro yang sangat baik," ujarnya di Semarang, Selasa (29/8).

Dia mengatakan tingkat inflasi Jawa Tengah sebesar 0,20 persen juga lebih rendah dibanding nasional yang mencapai 0,21 persen.

"Inflasi tinggi akan mengeliminasi pendapatan masyarakat," kata Kepala Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Wilayah Jawa Tengah ini.

Kondisi tersebut juga didukung oleh tingkat kemiskinan yang berada pada angka 10,77 persen, pengangguran pada angka 5,24 persen, serta tingkat keyakinan konsumen sebesar 132,1

Adapun realisasi penerimaan dalam APBN di Jawa Tengah hingga Juli 2023 tercatat mencapai Rp 52,27 triliun, sementara realisasi belanja dalam APBN 2023 tercatat mencapai Rp 59,27 triliun.

Kemenkeu mengungkapkan salah satu faktor yang bikin pertumbuhan ekonomi Jateng terkendali dan cukup baik. Oh ternyata ini.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News