Ribuan Jiwa di Banjarnegara Terdampak Kekeringan, Pompa PDAM Malah Rusak

Kamis, 07 September 2023 – 17:40 WIB
Ribuan Jiwa di Banjarnegara Terdampak Kekeringan, Pompa PDAM Malah Rusak - JPNN.com Jateng
Warga antre untuk mengambil bantuan air bersih di Desa Kaliajir, Kecamatan Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. (ANTARA/HO-BPBD Banjarnegara)

jateng.jpnn.com, BANJARNEGARA - Ribuan jiwa di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah terdampak kekeringan pada musim kemarau 2023.

Berdasarkan data BPBD setempat, hingga hari ini (7/9), tercatat sebanyak 6.634 keluarga atau 23.365 jiwa yang terdampak kekeringan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banjarnegara Andri Sulistyo mengatakan warga yang terdampak kekeringan tersebar di 15 desa dan empat kelurahan, termasuk Desa Jalatunda, Petir, Kaliajir, Kebondalem, Kalitengah, Kebutuhduwur, dan Rejasa serta Kelurahan Kutabanjar.

Selain itu, dia mengatakan kerusakan mesin pompa PDAM dalam sepekan terakhir menimbulkan gangguan pelayanan air bersih di Banjarnegara Kota.

Pihaknya telah menyalurkan bantuan air bersih kepada warga yang terdampak kekeringan dan menghadapi gangguan pelayanan air bersih.

"Bantuan 125 tangki atau 623.500 liter air bersih telah diberikan kepada warga yang membutuhkan," ujarnya.

Menurut dia, dalam sehari BPBD Kabupaten Banjarnegara bisa mengirimkan bantuan air bersih sebanyak 15 sampai 20 tangki ke daerah-daerah terdampak kekeringan dengan mengerahkan tiga mobil tangki berkapasitas masing-masing 5.000 liter.

"Seperti hari ini, saya bersama tim BPBD Banjarnegara dalam perjalanan untuk mendistribusikan bantuan air bersih di Desa Kalitengah, Kecamatan Purwanegara," katanya.

Di saat ribuan warga Banjarnegara terdampak kekeringan, mesin pompa PDAM setempat malah rusak, duh!
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News