Sah, 132 Pemuda Terbaik Jadi Prajurit Bintara TNI AD, Sekolah di Rindam IV/Diponegoro

Selasa, 12 September 2023 – 23:55 WIB
Sah, 132 Pemuda Terbaik Jadi Prajurit Bintara TNI AD, Sekolah di Rindam IV/Diponegoro - JPNN.com Jateng
Upacara pembukaan program studi pendidikan pertama sekolah calon bintara (secaba) 2023 Rindam IV/Diponegoro. FOTO: Pendam IV/Diponegoro.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Kodam IV/Diponegoro resmi membuka program studi pendidikan pertama sekolah calon bintara (secaba) 2023.

Dalam pembukaan ini, setidaknya 132 orang yang dinyatakan lolos menjadi prajurit siswa Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD).

Danrindam IV/Diponegoro Kolonel Inf Ahmad Hadi Al Jufri mengatakan dalam pendidikan pertama, seluruh prajurit siswa akan diberi materi pengetahuan umum maupun pengetahuan taktis dan teknis militer.

"Karena fungsi utama pendidikan TNI AD yakni untuk meningkatkan potensi calon prajurit agar memiliki semangat juang yang tinggi," katanya, seusai membuka upacara di Lapangan Tirta Parwita Sari Secaba Rindam (Resimen Induk Komando Daerah Militer)  IV/Diponegoro, Selasa (12/9).

Ditambah lagi dengan dasar Sapta Marga, Sumpah Prajurit, delapan wajib TNI, dan ilmu pengetahuan dan keterampilan, termasuk kesamaptaan jasmani.

Dia menjelaskan, pendidikan di lingkungan TNI AD sudah berbasis satuan kredit semester (SKS). Materi pembelajaran di dalamnya telah disamakan dengan sistem perkuliahan sesuai standar nasional perguruan tinggi.

Termasuk akan diterapkan kegiatan belajar mandiri (KBM) atau pembimbing pengasuh di luar proses belajar mengajar, dengan tujuan agar para prajurit siswa lebih menguasai materi yang diajarkan.

"Ubah pola pikir kalian dari masyarakat sipil menjadi prajurit sehingga kalian bersemangat dalam melaksanakan pendidikan secara sungguh-sungguh dan disiplin tinggi," ujarnya.

Kodam IV/Diponegoro resmi membuka program studi pendidikan pertama sekolah calon bintara (secaba) 2023.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News