Netralitas TNI di Pemilu 2024, Mayjen Widi: Kami Menjaga Situasi Agar Kondusif & Gembira

Senin, 14 Agustus 2023 – 19:59 WIB
Netralitas TNI di Pemilu 2024, Mayjen Widi: Kami Menjaga Situasi Agar Kondusif & Gembira - JPNN.com Jateng
Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono. FOTO: Wisnu Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono menegaskan netralitas prajuritnya dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tak perlu diragukan lagi.

"Intinya kami mengawal masyarakat yang menggunakan hak pilih karena TNI tidak memiliki hak pilih, netral," kata Mayjen Widi di sela Karya Bakti dan Bakti Sosial di Lapangan Parade Kodam IV/Diponegoro, Semarang, Senin (14/8).

Netralitas TNI itu telah dibuktikan pihaknya bersama jajaran kepolisian dari Polda Jawa Tengah dan Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Berbagai persiapan-persiapan mengantisipasi hal yang tidak diinginkan telah dilakukan. Misalnya, simulasi menghadapi aksi massa saat pelaksanaan Pemilu 2024 di Simpang Lima Semarang, belum lama ini.

"Dan hari ini juga digelar latihan serupa kedua di Magelang," ujarnya.

"Kita sudah tahu tahapan pemilu terus berjalan. Sekarang memasuki eskalasi yang terus meningkat. Kami sudah melakukan rakor dengan jajaran kepolisian, Polda Jawa Tengah dan DIY," katanya menambahkan.

Walau begitu, jenderal bintang dua itu mengingatkan kepada para prajuritnya untuk memegang teguh netralitas TNI dan tidak terlibat dalam politik praktis dalam Pemilu serentak tahun depan.

"Kami menjaga jarak yang sama dengan semua unsur. Kami menjaga situasi kondusif dan gembira," tuturnya.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono menegaskan netralitas prajuritnya dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tak perlu diragukan lagi.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News