Gempa Hari Ini di Laut Jepara Terasa hingga Kendal, BMKG Keluarkan Imbauan

Rabu, 13 September 2023 – 14:47 WIB
Gempa Hari Ini di Laut Jepara Terasa hingga Kendal, BMKG Keluarkan Imbauan - JPNN.com Jateng
BMKG melaporkan gempa berkekuatan M 5,1 mengguncang Laut Jawa, tepat di barat laut Jepara, Rabu (13/9) siang. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Terjadi gempa bumi di Laut Jawa, Utara Jawa Tengah, tepatnya berlokasi pada jarak 90 km arah Barat Laut Jepara pada kedalaman 666 km, Rabu (13/9), pukul 12:34 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa hari ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,1.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 6,02° LS ; 110,09° BT.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Dr. Daryono mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dalam (deep focus).

Menurutnya, peristiwa itu akibat adanya aktivitas slab pull (tarikan extensional Lempeng Indo-Australia ke bawah) pengaruh gaya gravitasi.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault)," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima JPNN Jateng di Semarang.

Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), fenomena alam ini menimbulkan guncangan di daerah Jepara dan Kendal dengan skala intensitas II  MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Terjadi gempa hari ini di Laut Jepara dengan kekuatan magnitudo M5,1. Dampak gempa terasa hingga Kendal.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News