Kelelahan di Puncak Merapi, Bule Asal Spanyol Minta Pertolongan

Kamis, 14 September 2023 – 15:12 WIB
 Kelelahan di Puncak Merapi, Bule Asal Spanyol Minta Pertolongan - JPNN.com Jateng
Jacinto Cornejo (37) WNA Spanyol, setelah dievakuasi Tim SAR Gabungan di BTN Gunung Merapi, Selo, Boyolali. FOTO: SAR Semarang.

jateng.jpnn.com, BOYOLALI - Tim SAR Gabungan mengevakuasi seorang perempuan berkebangsaan Spanyol di Gunung Merapi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (14/9).

Warga negara asing (WNA) bernama Jacinto Cornejo (37) itu meminta pertolongan, karena mengalami kelelahan pada Rabu (13/9).

Tim SAR lantas mengerahkan satu regu untuk mengevakuasi. Keesokan harinya sekitar pukul 12.10 berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat.

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto mengatakan, Jacinto sedang berlibur seorang diri ke Indonesia dengan tujuan mendaki Gunung Merapi via jalur New Selo Kabupaten Boyolali.

Sementara, menurutnya Gunung Merapi telah ditutup untuk pendakian karena kawasan tersebut berstatus awas. "Diduga dia tidak tahu, nekat mendaki, mengalami kelelahan, dan membutuhkan pertolongan," katanya.

Heru menyebut, mulanya Jacinto yang berniat mendaki langsung turun itu hanya membawa bekal seadanya dan tidak membawa tenda.

"Posisi korban di pos empat ketinggian sekitar 2.500 mdpl," katanya.

Diduga Jacinto kehabisan tenaga saat akan turun dari gunung dan menghubungi biro jasa asuransi membutuhkan pertolongan.

Tim SAR Gabungan mengevakuasi seorang perempuan berkebangsaan Spanyol di Gunung Merapi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (14/9).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News