Erupsi Gunung Merapi, BPPTKG: Belum Ada Tanda-tanda Berakhir

Jumat, 05 Januari 2024 – 21:55 WIB
Erupsi Gunung Merapi, BPPTKG: Belum Ada Tanda-tanda Berakhir - JPNN.com Jateng
Pantauan CCTV Pos Pengamatan PVMBG yang memperlihatkan awan panas guguran puncak Gunung Merapi yang berlokasi di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta, Kamis (4/1/2024). (ANTARA/HO-Badan Geologi)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Erupsi Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta belum memperlihatkan tanda-tanda berakhir.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Agus Budi Santoso mengatakan erupsi masih berlangsung dengan intensitas yang cukup tinggi dengan kejadian guguran mencapai ratusan kali per hari.

"Kondisi ini sepertinya belum akan berakhir dalam waktu dekat karena berdasarkan data pemantauan dari metode seismik dan deformasi menunjukkan bahwa suplai magma masih berlangsung," dalam laporan yang dikutip melalui akun Instagram resmi BPPTKG, Jumat (5/1).

Agus mengatakan pada 4 Januari 2024, Gunung Merapi telah genap tiga tahun memasuki fase erupsi.

Gunung berapi aktif yang memiliki ketinggian 2.968 meter di atas permukaan laut tersebut masih berstatus Level III atau siaga.

Agus menjelaskan potensi bahaya yang diakibatkan oleh erupsi bersumber dari awan panas guguran yang bisa terjadi kepada sungai-sungai di sektor tenggara sampai dengan barat daya dengan jarak luncur maksimal sejauh 7 kilometer.

Menurutnya, masyarakat masih bisa beraktivitas secara normal di luar potensi bahaya.

Daerah potensi bahaya hanya berada sekitar di sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi.

Adapun terkhusus bagi masyarakat yang beraktivitas di badan sungai, seperti penambang pasir dan lainnya, maka BPPTKG mengimbau untuk mewaspadai kejadian lahar dan awan panas guguran.

"Curah hujan yang tinggi yang terjadi di puncak Gunung Merapi dapat mengganggu kestabilan kubah lava dan menimbulkan awan panas guguran, serta dapat menimbulkan lahar di sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi," pungkas Agus. (antara/jpnn)

Erupsi Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta belum memperlihatkan tanda-tanda berakhir.

Redaktur & Reporter : Danang Diska Atmaja

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News