Selama Oktober 2023, Suhu Udara di Kota Semarang Diprediksi Mencapai 37-38 Derajat Celcius

Selasa, 03 Oktober 2023 – 22:12 WIB
Selama Oktober 2023, Suhu Udara di Kota Semarang Diprediksi Mencapai 37-38 Derajat Celcius - JPNN.com Jateng
Pemandangan langit yang menyelimuti teriknya suhu udara di Kota Semarang. (ANTARA/Zuhdiar Laeis)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Suhu udara di Kota Semarang dan sekitarnya selama Oktober 2023 diprediksi rata-rata mencapai 37-38 derajat Celcius.

Koordinator Bidang dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Jawa Tengah Iss Widya Harmoko mengatakan suhu panas dialami wilayah Jateng, karena adanya gerak semu matahari.

Dia menjelaskan bahwa gerak semu matahari adalah siklus rutin yang terjadi setiap tahun, dan secara klimatologis suhu akan cenderung mengalami kenaikan.

"Saat ini matahari seperti bergerak menuju selatan. Nanti, sekitar awal Oktober matahari berada di titik kulminasi tepat di atas Pulau Jawa," katanya, Selasa (3/10).

Menurut dia, puncak suhu udara tinggi diperkirakan sekitar pertengahan sampai akhir Oktober, dan akan turun lagi mulai November mendatang.

"Puncaknya sekitar pertengahan sampai akhir bulan (Oktober) dan turun lagi mulai November. Diperkirakan suhu di Jawa Tengah sampai dengan Oktober akan berkisar antara 37-38 derajat Celsius," ujarnya.

Berdasarkan data BMKG, suhu panas tertinggi tercatat pernah terjadi di wilayah Jateng pada 2015, yakni mencapai 39,5 derajat Celcius serta tahun 2019 dengan suhu mencapai 39,4 derajat Celcius.

Sebelumnya, BMKG juga memprakirakan bahwa awal musim hujan di wilayah Jateng secara umum akan terjadi pada November 2023.

Suhu udara di Kota Semarang dan sekitarnya selama Oktober 2023 diprediksi rata-rata mencapai 37-38 derajat Celcius.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News