Cuaca Ekstrem di Semarang Berkepanjangan, Pemkot Gelar Salat Minta Hujan

Rabu, 11 Oktober 2023 – 13:27 WIB
Cuaca Ekstrem di Semarang Berkepanjangan, Pemkot Gelar Salat Minta Hujan - JPNN.com Jateng
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu bersama jajaran OPD, pelajar, dan masyarakat melaksanakan shalat istisqa di Lapangan kedungpane, Mijen, Semarang, Selasa (11/10/2023), untuk memohon kepada Allah SWT agar segera diturunkan hujan mengakhiri kemarau panjang. (ANTARA/HO-Pemkot Semarang)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Cuaca ekstrem sebagai dampak fenomena El Nino di Kota Semarang, Jawa Tengah belum juga berakhir.

Karenanya, Pemkot Semarang menggelar salat istisqa di Lapangan Kedungpane, Mijen, Rabu (11/10), untuk meminta hujan kepada Allah SWT.

Salat dipimpin oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Semarang KH Moh Erfan Soebahar sekaligus bertindak sebagai imam.

Salat Istisqa diikuti Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, jajaran organisasi perangkat daerah (OPD), camat, lurah, pelajar, dan masyarakat.

"Kami berdoa dan berikhtiar agar bisa segera diberi hujan, dan upaya ini adalah upaya kami mengajak para kiai dan alim ulama, serta masyarakat umum, bersama kami berdoa memohon kepada Allah SWT," kata Ita, sapaan akrab Hevearita.

Dengan turunnya hujan, kata dia, diharapkan bisa mempercepat proses pemadaman tempat pembuangan akhir (TPA) Jatibarang, sekaligus mengakhiri kemarau panjang yang terjadi di Kota Semarang.

Diakuinya, Kota Semarang termasuk salah satu wilayah yang terdampak cuaca ekstrem dengan beberapa wilayah yang mengalami kekeringan, seperti Kelurahan Kedungpane, Bringin, Wonosari, Gondoriyo, dan Jabungan.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), lintasan matahari berada tepat di atas Kota Atlas, dan udara panas yang paling dirasakan berada di kawasan pesisir pantai.

Pemkot Semaran menggelar salat istisqa untuk meminta hujan turun kepada Allah SWT.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News