Jumat Pagi, Kebakaran di Kudus Menghanguskan Dua Rumah

Jumat, 27 Oktober 2023 – 17:03 WIB
Jumat Pagi, Kebakaran di Kudus Menghanguskan Dua Rumah - JPNN.com Jateng
Tim pemadam kebakaran melakukan pemadaman bara api yang sebelumnya membakar satu rumah hingga ludes, sedangkan rumah di sebelahnya hanya terbakar bagian atap bangunannya. (ANTARA/HO-Bpbd Kudus.)

jateng.jpnn.com, KUDUS - Kebakaran terjadi Desa Kutuk, Kecamatan Undaan, Kudus, pada Jumat (27/10) sekitar pukul 08.00 WIB.

Peristiwa tersebut membuat dua rumah warga hangus terbakar meski Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus berhasil memadamkan api.

Penyebab kebakaran diduga karena salah satu pemilik rumah lupa mematikan tungku untuk memasak.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kudus Munaji mengatakan kronologi kejadian, berawal ketika salah satu pemilik rumah bernama Sawinah memasak menggunakan tungku berbahan bakar kayu.

"Ketika pemilik rumah membeli obat di apotek, ternyata yang bersangkutan belum mematikan tungku tersebut dengan sempurna, sehingga masih ada bara apinya," katanya.

Tungku tersebut, ujar dia, ternyata menyala dan apinya semakin membesar hingga membakar barang-barang yang ada di dekatnya.

Api yang membesar, kemudian merambat ke dinding kayu bangunan tersebut. Sedangkan rumah milik Bajang Sulaikan atau anak Sawinah yang berada di sebelahnya ikut terbakar.

"Beruntung, api bisa dikendalikan sekitar pukul 09.30 WIB, sehingga api yang sudah membakar atap rumah milik Sulaikan bisa padam dan tidak sampai membakar seluruh isi perabot rumah," ujarnya.

Sementara rumah milik Sawinah, kata dia, tidak bisa diselamatkan karena bangunan rumah beserta seluruh isinya ludes terbakar.

Ketika terjadi kebakaran, kata dia, warga sekitar sempat panik, karena berada di kawasan padat penduduk, sedangkan api semakin membesar.

Peristiwa kebakaran tersebut, mengakibatkan kerugian hingga Rp 65 juta. Rumah Sawinah diperkirakan mengalami kerugian hingga Rp50 juta, sedangkan Bajang Sulaikan mengalami kerugian sekitar Rp 15 juta.

Tim pemadam yang ikut melakukan pemadaman, selain dari BPBD juga dibantu tim pemadam Satpol PP dan PT Nojorono. Sedangkan personel pemadaman dibantu dari relawan BPBD Kudus, warga sekitar, TNI dan Polri.

BPBD Kudus sendiri mencatat jumlah kasus kebakaran yang terjadi sepanjang bulan Januari hingga September 2023 sebanyak 43 kasus, dengan dominasi kebakaran lahan. (antara/jpnn)

Kebakaran terjadi Desa Kutuk, Kecamatan Undaan, Kudus, pada Jumat (27/10) sekitar pukul 08.00 WIB.

Redaktur & Reporter : Danang Diska Atmaja

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News