Pancaroba, Puting Beliung Bisa Datang Sewaktu-waktu di Temanggung, Waspada!

Sabtu, 28 Oktober 2023 – 10:25 WIB
Pancaroba, Puting Beliung Bisa Datang Sewaktu-waktu di Temanggung, Waspada! - JPNN.com Jateng
Ilustrasi - hujan lebat diserta angin kencang. Foto: ANTARA/Aprionis

jateng.jpnn.com, TEMANGGUNG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung mengimbau masyarakat waspada terhadap bencana di masa pancaroba.

Kepala BPBD Kabupaten Temanggung Toifur Hadi mengatakan bencana yang kerap muncul di masa pancaroba, yakni kejadian angin kencang atau puting beliung.

."Berdasarkan keterangan dari BMKG, pada akhir Oktober ini sudah memasuki pancaroba yang berdampak munculnya puting beliung," katanya, Sabtu (28/10).

Dia menyampaikan deteksi terhadap bencana puting beliung ini agak susah karena tiba-tiba muncul dan tidak ada tanda-tanda sebelumnya.

Beberapa waktu lalu sudah terjadi puting beliung di Kabupaten Temanggung, antara lain di wilayah Kecamatan Kedu yang mengakibatkan beberapa atap rumah rusak.

"Kami bersama dengan teman-teman relawan, minimal mempercepat proses untuk saling memberikan informasi sehingga kejadian bencana yang terjadi bisa segera diatasi," katanya.

Dia menuturkan paling tidak mengimbau masyarakat untuk berhati-berhati, supaya lebih peka terhadap lingkungan. Kalau ada informasi kejadian awal segera sampaikan ke BPBD atau pihak terkait lainnya.

"Semua lapisan masyarakat maupun melalui jalur sukarelawan yang ada di Kabupaten Temanggung, ada destana, ada komunitas relawan, dan organisasi masyarakat bisa menyampaikan informasi ke kami jika ada kejadian," katanya.

Warga Temanggung, Jawa Tengah diimbau untuk waspada terhadap bencana puting beliung yang bisa datang sewaktu-waktu.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News