Pj Gubernur Jateng: Peningkatan Ekonomi Daerah Butuh Sinergi dengan Sektor Swasta

Selasa, 14 November 2023 – 15:03 WIB
Pj Gubernur Jateng: Peningkatan Ekonomi Daerah Butuh Sinergi dengan Sektor Swasta - JPNN.com Jateng
Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menyebut peran swasta berpengaruh dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Hal itu diungkapkan Nana saat menghadiri Penandatanganan Kerja Sama Bank Jateng dan BPR tentang Pemanfaatan Produk, Layanan dan Teknologi di Plataran Heritage, Mageleng, Senin (13/11) malam. 

Nana mengatakan, upaya membangun perekonomian daerah tidak bisa dilakukan pemerintah sendiri. Namun, perlu bersinergi dengan pihak-pihak swasta.

Seperti halnya menggandeng Bank Perekonomian Rakyat (BPR) dalam upaya meningkatkan penyaluran kredit, khususnya bagi pelaku UMKM.

"Saat ini peningkatan akses pembiayaan bagi pelaku UMKM di wilayah Jawa Tengah, telah diarahkan untuk didukung secara proaktif oleh perbankan," kata Nana.

Dorongan itu, kata Nana, supaya mampu menumbuhkan kembangkan sektor UMKM di daerah masing-masing. Apalagi, BPR memiliki peran strategis dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan keuangan daerah.

Sebab, posisi BPR yang berada dekat dengan masyarakat di lingkup kecamatan atau perdesaan. Sehingga bisa bersentuhan langsung dengan pelaku usaha di lingkup tersebut.

Nana mengatakan menyambut baik sinergi Bank Jateng dan BPR yang diwujudkan dalam Penandatanganan Kerja Sama tentang Pemanfaatan Produk, Layanan dan Teknologi.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menyebut peran swasta berpengaruh dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News