Rumah Pompa di Kota Semarang Rusak, BBWS Pemali Juana: Sudah Beroperasi Lagi

Sabtu, 18 November 2023 – 13:52 WIB
Rumah Pompa di Kota Semarang Rusak, BBWS Pemali Juana: Sudah Beroperasi Lagi - JPNN.com Jateng
Rumah Pompa Kali Sringin. FOTO: BBWS Pemali Juana.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana buka suara ihwal Rumah Pompa Kali Tenggang dan Kali Sringin di Kota Semarang tidak bekerja maksimal. Kini di dua rumah pompa itu sudah diperbaiki dan telah berfungsi normal.

Kepala BBWS Pemali Juana Harya Muldianto mengatakan kendala tersebut dikarenakan rusaknya propeller atau baling-baling akibat tersumbat potongan-potongan kayu.

"Beberapa minggu lalu ada propeller yang rusak karena nyangkut kayu sudah kami perbaiki, dan kemarin pagi sudah dipasang, sudah normal dan bisa bekerja kembali," kata Harya, melalui sambungan telepon, Sabtu (18/11).

Harya mengakui genangan air yang melanda Jalan Kaligawe Kecamatan Genuk akibat rusaknya pompa di Kali Sringin.

Dia mengatakan air yang tidak mengalir lancar juga karena hambatan-hambatan bottleneck atau penyempitan di depan Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) hingga eks Terminal Terboyo.

"Di Kaligawe airnya melimpas itu dari saluran pembawa arah Kali Sringin. Saat itu, kami terjunkan pompa mobile langsung dibuang ke laut," katanya.

Saat terjadi genangan air di ruas Jalan Raya Kaligawe pada Rabu (15/11/2023), pihaknya mengakui peristiwa itu di luar perkiraan. Ketika itu pompa-pompa yang rusak sedang diperbaiki di bengkel pemeliharaan BBWS Pemali Juana.

"Pompa ini salah satu upaya untuk mengurangi genangan, kami harus menjaga pompa di bawah kewenangan harus sehat. Memang kebetulan di luar perkiraan karena kami sedang memperbaiki untuk menghadapi Desember, ternyata hujan sudah datang duluan," katanya.

BBWS Pemali Juana buka suara ihwal Rumah Pompa Kali Tenggang dan Kali Sringin di Kota Semarang tidak bekerja maksimal.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News