Dorong Pemilih Pemula, Pemprov Jateng Genjot Rekam e-KTP

Rabu, 22 November 2023 – 06:47 WIB
Dorong Pemilih Pemula, Pemprov Jateng Genjot Rekam e-KTP - JPNN.com Jateng
Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana bersama Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Saan Mustopa. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggenjot perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) untuk pemilih pemula di Pemilu 2024.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan perekaman e-KTP tersebut untuk memastikan hak pilih mereka terjamin.

"Untuk daftar pemilih ini terus kami update, khususnya untuk pemilih pemula yang rata-rata masih SMA dan MA," kata Nana Sudjana seusai menerima kunjungan kerja spesifik Komisi II DPR RI di Gradhika Bhakti Praja Semarang, Selasa (21/11).

Menurut Nana, pemutakhiran data pemilih terus dilakukan, mengingat data pemilih itu rawan disengketakan. Dia meminta Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) baik provinsi maupun kabupaten/ kota memastikan keabsahan daftar pemilih.

"Kami juga terus melakukan perekaman, kemudian juga meng-update terhadap mereka yang sudah meninggal atau yang  pindah kependudukan. Pada saatnya kami akan memberikan yang betul-betul pasti ke KPU," kata Nana.

"Ini terus kami lakukan perekaman, Dukcapil kami kendalikan terus. Kami bersama KPU terus melakukan pengendalian terhadap Dukcapil di kabupaten/kota," kata Nana.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa meminta kepada penyelenggara pemilu untuk memaksimalkan terkait dengan DPT dan DPTb. Dengan harapan, warga yang sudah memiliki hak pilih, bisa menggunakan hak pilihnya pada pemilu nanti.

Penyelenggara Pemilu 2024 dan seluruh jajaran pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/ kota yang ada di Jawa Tengah harus lebih aktif dan proaktif.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggenjot perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) untuk pemilih pemula di Pemilu 2024.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News