Pemprov Jateng Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana, Pak Nana Pastikan Kesiapan Personel dan Alat

Senin, 27 November 2023 – 19:12 WIB
Pemprov Jateng Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana, Pak Nana Pastikan Kesiapan Personel dan Alat  - JPNN.com Jateng
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana saat memimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana dan Pengecekan Kesiapan Peralatan Penanganan Bencana di Halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, pada Senin (27/11/2023). Foto: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) langsung menggerakkan jajarannya untuk mengantisipasi potensi bencana hidrometeorologi seiring dengan datangnya musim hujan.

Untuk itu, Pemprov Jateng menggelar Apel Kesiapsiagaan Bencana dan Pengecekan Kesiapan Peralatan Penanganan Bencana pada Senin (27/11/2023).

Apel itu digelar di halaman Kantor Gubernur Jateng, Penjabat (Pj) Gubernur Jateng Nana Sudjana turun tangan langsung memimpin apel yang diikuti 200 personel dari 26 instansi dan organisasi sukarelawan itu.

Menurut Nana, apel kesiapsiagaan bencana dilakukan untuk mengetahui kesiapan personel maupun peralatannya sebagai upaya pencegahan dalam menghadapi bencana.

"Apel ini dalam rangka untuk mengecek kembali dan mengantisipasi kesiapsiagaan yang harus kita lakukan dalam menghadapi potensi bencana," kata Nana.

Mantan perwira Polri dengan pangkat terakhir komjen itu menjelaskan bencana hidrometeorologi yang berpotensi terjadi pada musim hujan ialah banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung.

Nana menambahkan pemerintah sudah melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi potensi bencana di musim penghujan. Namun, dia tetap meminta masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bencana hidrometeorologi senantiasa waspada.

Nana juga memastikan kesiapan alat untuk penanganan bencana, seperti mobile flood pump (pompa air yang bisa dipindahkan), instalasi pengolahan air minum, ambulans, mobil dapur lapangan, dan traktor.

Pemprov Jateng langsung menggerakkan jajarannya untuk mengantisipasi potensi bencana hidrometeorologi seiring dengan datangnya musim hujan.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News