Perang Sarung, 25 Remaja di Solo Diamankan Polisi

Sabtu, 16 Maret 2024 – 18:56 WIB
Perang Sarung, 25 Remaja di Solo Diamankan Polisi - JPNN.com Jateng
Seorang anggota polisi memeriksa sejumlah barang bukti sarung yang digunakan perang sarung di Mapolresta Surakarta, Sabtu (16/3/2024) pagi. ANTARA/HO- Humas Polresta Surakarta.

jateng.jpnn.com, SOLO - Sebanyak 25 remaja diamankan polisi setelah kedapatan melakukan aksi perang sarung di Jalan Ir Juanda Pucangsawit, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (16/3) dini hari.

Kasat Samapta Polresta Surakarta Kompol Arfian Riski Dwi Wibowo mengatakan 25 remaja tersebut diamankan setelag timnya berpatroli lingkar wilayah dan mencurigai banyak remaja yang berkumpul di Jalan Ir Juanda Pucangsawit Jebres Solo.

"Saat kami mendatangi ada beberapa dari mereka yang berusaha melarikan diri. Karena kecurigaan itu, kami langsung mendatangi sekumpulan remaja itu, dan mereka berkilah hanya sekedar nongkrong. Namun, setelah didapati barang bukti berupa sarung yang diikat ujungnya, kemudian mereka mengakui telah melakukan perang sarung," kata Kompol Arfian Riski.

Dia menjelaskan setelah diinterogasi dari 25 remaja tersebut berasal dari dua kelompok yang berbeda, dan mereka rata-rata masih anak di bawah umur atau masih pelajar.

Menurut dia, dari keterangan para remaja tersebut mereka sebelumnya berkomunikasi melalui grup WhatsApp untuk melakukan perang sarung. Setelah ditentukan lokasi di Jalan Ir Juanda Pucangsawit Jebres, maka mereka kemudian bertemu untuk melakukan perang sarung.

"Para remaja itu, kemudian diamankan ke Mapolresta Surakarta beserta barang buktinya," katanya.

Dia menjelaskan 25 remaja diamankan dan selanjutnya dibawa ke Mapolresta Surakarta untuk didata, serta dilakukan pembinaan diberi imbauan dan penekanan agar tidak mengulangi perbuatannya. Hal tersebut dilarang, karena dapat merugikan orang lain serta diri sendiri.

Sementara itu, Kepala Polresta Surakarta Kombes Pol. Iwan Saktiadi mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan aksi perang sarung saat menjelang sahur serta menjaga kondusivitas Kota Solo dengan melaksanakan sahur di rumah masing-masing.

Tim Sparta Satuan Samapta Polres Kota Surakarta telah mengamankan 25 remaja karena melakukan aksi perang sarung
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News