Penipuan Masuk TNI-Polri di Banyumas Terbongkar, Korban Kahilangan Rp 300 Juta

Minggu, 09 April 2023 – 09:18 WIB
Penipuan Masuk TNI-Polri di Banyumas Terbongkar, Korban Kahilangan Rp 300 Juta - JPNN.com Jateng
Petugas Satreskim Polresta Banyumas memeriksa dua tersangka kasus penipuan dengan modus menjanjikan anak korban jadi anggota TNI/Polri. ANTARA/HO-Polresta Banyumas

jateng.jpnn.com, BANYUMAS - Kasus penipuan dan penggelapan uang ratusan juta rupiah dengan modus menjanjikan anak korban menjadi anggota TNI/Polri di Banyumas, Jawa Tengah, terbongkar.

Kepala Polresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu mengatakan kasus penipuan ini melibatkan dua orang tersangka, yakni seorang perempuan berinisial MA (40), warga Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, dan seorang laki-laki berinisial NJ (42), warga Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang.

"Kedua pelaku ditangkap pada hari Rabu (6/4), sekitar pukul 03.00 WIB, saat mereka berada di wilayah Kecamatan Rembang, Purbalingga," jelasnya, Minggu (9/4).

Mengenai kronologi kejadian, Kasatreskrim Kompol Agus Supriadi Siswanto mengatakan kasus tersebut berawal dari pertemuan korban seorang perempuan bernama Maflaka (52), warga Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, dengan pelaku MA dan seorang laki-laki yang tidak dikenalnya (NJ, red.) di salah satu rumah makan, Purwokerto, pada tanggal 18 Mei 2021.


"Saat itu korban datang bersama saksi atas nama Jalaludin Akbar dan saksi atas nama Zeyla Aulia Zein," jelasnya.

Dalam pertemuan tersebut, kata dia, pelaku menjanjikan bisa memasukkan anak korban menjadi anggota TNI/Polri dan korban Maflaka menyanggupi biayanya jika hanya sebesar Rp250 juta.

Pelaku pun tidak mempermasalahkan jika korban hanya sanggup membayar biaya sebesar Rp 250 juta dengan alasan membantu anak yatim.

Setelah ada kesepakatan, korban dengan didampingi saksi Jalaludin Akbar pun segera menuju Bank BCA Purwokerto untuk transfer uang sebesar Rp200 juta ke rekening pelaku MA dan selanjutnya kembali lagi ke rumah makan.

Kasus penipuan dan penggelapan uang ratusan juta rupiah dengan modus menjanjikan anak korban menjadi anggota TNI/Polri di Banyumas, Jawa Tengah, terbongkar.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News