Akhirnya Manchester United Bisa Ikut Kompetisi Eropa

Minggu, 26 Mei 2024 – 05:00 WIB
Akhirnya Manchester United Bisa Ikut Kompetisi Eropa - JPNN.com Jateng
Manchester United (MU) akhirnya mampu tembus ke Liga Europa setelah mengalahkan Manchester City di laga FInal FA Cup, Sabtu (25/5). Foto: manuntd.com

jateng.jpnn.com, LONDON - Manchester United (MU) akhirnya mampu tembus ke kompetisi Eropa yakni Liga Europa, meski finis di posisi kedelapan dalam klasemen Premier League 2023/2024.

Tembusnya MU ke Liga Europa itu karena berhasil menjuarai Piala FA setelah menekuk Manchester City 2-1 pada partai final di Stadion Wembley, London, Sabtu (25/5).

Dua gol Manchester United dicetak oleh Alejandro Garnacho dan Kobbie Maino, sedangkan Manchester City sempat membalas lewat Jeremy Doku.

Secara statistik City sebenarnya mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 69 persen penguasaan bola

MU mampu mencuri keunggulan terlebih dahulu pada menit 30 lewat gol Alejandro Garnacho yang memanfaatkan kesalahan lini pertahanan City sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Skuad asuhan Erik ten Hag sempat menggandakan keunggulan melalui gol kedua Garnacho, tetapi tidak disahkan oleh VAR karena pemain asal Argentina tersebut sudah lebih dulu berada dalam posisi offside.

MU akhirnya benar-benar menggandakan keunggulan pada menit 39 setelah umpan Bruno Fernandes dapat dikonversikan menjadi gol oleh tendangan kaki kanan Kobbie Maino sehingga skor berubah menjadi 2-0.

Tertinggal dua gol, City terus menggempur lini pertahanan MU, namun hingga turun minum, skor 2-0 tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, City mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu, tetapi upaya yang mereka lakukan belum bisa membuahkan hasil.

City akhirnya mampu memperkecil ketertinggalannya menjadi 1-2 setelah tendangan Jeremy Doku tak dapat dihalau oleh Onana pada menit 87.

Setan Merah -julukan MU- tembus ke Eropa dengan memakan korban sesama wakil Liga Inggris, yakni Newcastle United, yang finis peringkat 7 klasemen.

The Magpies resmi gagal tembus ke ajang Conference League (UECL) 2024/2025.

Normalnya, tim peringkat 1 hingga 4 Liga Inggris lolos ke Liga Champions, peringkat 5-6 ke Liga Europa, dan posisi 7 ke UECL.

Namun, karena MU menjuarai FA Cup, otomatis tiket melaju ke Liga Europa menjadi jatah klub Manchester tersebut dan menumbalkan satu klub. (JPNN)

Manchester United (MU) akhirnya mampu tembus ke kompetisi Eropa yakni Liga Europa, meski finis di posisi kedelapan dalam klasemen Premier League 2023/2024.

Redaktur & Reporter : Danang Diska Atmaja

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News