Ratusan ODGJ & Lansia Terlantar Gunakan Hak Pilihnya di Griya PMI Peduli Solo

Rabu, 14 Februari 2024 – 19:41 WIB
Ratusan ODGJ & Lansia Terlantar Gunakan Hak Pilihnya di Griya PMI Peduli Solo - JPNN.com Jateng
Sebanyak 112 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan lanjut usia (lansia) terlantar menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024, Rabu (14/2). Foto: PMI Solo

jateng.jpnn.com, SOLO - Kepala Bagian Pelayanan Masyarakat PMI Kota Surakarta Wanto mengatakan ada 112 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan lanjut usia (lansia) terlantar menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024, Rabu (14/2).

Wanto mengatakan pemungutan suara tersebut dilakukan di Griya PMI Peduli sebagai TPS karena warga yang memiliki hak suara berjumlah lebih dari 100 orang.

"Karena jumlah warga di Griya PMI Peduli ini berjumlah 112, maka kami memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai TPS," katanya.

Tak hanya itu, Wanto juga menerangkan bahwa seluruh warga Griya PMI Peduli telah mendapat edukasi terkait pelaksanaan Pemilu 2024.

"Kami menerangkan kepada ODGJ dan Lansia tentang tatacara pencobolosan dan mengenal para kandidatnya juga," ujar Wanto.

Selama proses pemungutan suara bagi lansia dan disabilitas tentu ada beberapa hal yang menjadi syarat khusus, yakni adanya pendampingan bagi para pemilih.

Di Griya PMI Peduli, setiap warganya juga mendapat pendampingan saat proses pemilihan berlangsung serta dalam pengawasan tim medis (dokter, perawat dan tenaga pendukung lainnya).

Dengan diberikannya hak pilih bagi ODGJ dan lansia di Griya PMI Peduli dapat menghilangkan paradigma diskriminatif terhadap pasien ODGJ di masyarakat. (JPNN)

Sebanyak 112 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan lanjut usia (lansia) terlantar menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024, Rabu (14/2).

Redaktur : Danang Diska Atmaja
Reporter : Romensy Augustino

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News