Partisipasi Pemilih 82,5 Persen, Pj Gubernur Jateng Minta Jajarannya Pantau Situasi Politik

Senin, 19 Februari 2024 – 13:36 WIB
Partisipasi Pemilih 82,5 Persen, Pj Gubernur Jateng Minta Jajarannya Pantau Situasi Politik - JPNN.com Jateng
Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Nana Sudjana menyebut partisipasi pemilih dalam Pemilu 2024 mencapai 82,5 persen. Kendati begitu, dia meminta jajarannya memantau perkembangan politik seusai pemungutan suara.

Nana juga menginstruksikan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) memperhatikan dan mewaspadai perkembangan sosial, dan ekonomi.

"Saya minta semuanya terus memantau dan mengikuti perkembangan atau kegiatan di masyarakat. Masih ada dampak pemilu yang harus kita waspadai. Jangan sampai masyarakat resah," kata Nana saat Apel Pagi di Halaman Kantor Gubernur Jateng, Senin (19/2).

Nana mengatakan proses pemungutan suara Pemilu 2024 di Jateng berjalan kondusif. Namun, menurutnya masih ada pemungutan suara susulan yang harus diperhatikan dan dikawal.

Setidaknya terdapat 114 tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak. Ratusan TPS tersebut melakukan Pemilu susulan lantaran terdampak bencana banjir beberapa waktu lalu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak menjadwalkan sebanyak 27.669 pemilih di lokasi tersebut akan mengikuti pemilu susulan pada Sabtu 24 Februari 2024.

Pihaknya meminta Badan Kesatuan Bangsa, Politik (Kesbangpol) Jateng dan Satuan Polisi Pamong Praja Jateng dapat mengawal jalannya Pemilu susulan bersama jajaran TNI dan Polri. "Jangan sampai ada masalah lain muncul dari pemilu ulang tersebut," kata Nana.

Dia menjelaskan, di Jateng telah menggelar pemungutan suara ulang di 26 TPS pada 13 kabupaten/ kota. Saat itu, dia meminta ASN tetap fokus melayani dan menyejahterakan masyarakat sesuai bidang masing-masing.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Nana Sudjana menyebut partisipasi pemilih dalam Pemilu 2024 mencapai 82,5 persen.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News