Nana Sudjana Lantik Pj Bupati Magelang, Dulunya Anak Buah Hadi Tjahjanto

Selasa, 30 Januari 2024 – 19:50 WIB
Nana Sudjana Lantik Pj Bupati Magelang, Dulunya Anak Buah Hadi Tjahjanto - JPNN.com Jateng
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana melantik Pj Bupati Magelang, Sepyo Achanto di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Senin (29/1). FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Tongkat kepemimpinan Kabupaten Magelang berganti. Zaenal Arifin yang sebelumnya menjabat Bupati Magelang purnatugas karena masa jabatannya habis per 29 Januari 2023.

Pengganti Zaenal Arifin adalah Sepyo Achanto yang ditunjuk menjadi Penjabat (Pj) Bupati Magelang. Sepyo dilantik oleh Pj Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Nana Sudjana di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Senin (29/1).

Sepyo Achanto merupakan anak buah Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto. Sebelumnya, Sepyo menjabat sebagai Direktur Penertiban Penguasaan, Pemilikan, dan Penggunaan Tanah Kementerian ATR/BPN.

Nana menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Zaenal Arifin bersama wakilnya Edi Cahyana atas dedikasi dan pengabdian selama memimpin selama dua periode.

"Beliau telah memberikan warna, bahkan beberapa penghargaan yang diraih bagi Kabupaten Magelang," ujar Nana dalam keterangan tertulis.

Dalam kesempatan tersebut, Nana memberikan pekerjaan rumah (PR) yang musti dihadapi oleh Sepyo Achanto. Di antaranya program prioritas dari pemerintah pusat meliputi stunting, kemiskinan, kemiskinan ekstrem, inflasi, pengangguran, dan lainnya.

Diketahui, angka stunting di Kabupaten Magelang pada 2022 berdasarkan data Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) sebesar 28,20 persen. Sementara untuk angka kemiskinan di Kabupaten Magelang pada 2023 sebesar 10,96 persen.

Begitu halnya dengan angka inflasi Kabupaten Magelang pada Desember 2023 berada pada angka 2,61 persen. Angka ini lebih rendah dari rata-rata provinsi sehingga perlu dipertahankan.

Pj Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Nana Sudjana melantik Sepyo Achanto menjadi Penjabat (Pj) Bupati Magelang.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News