Ini Sosok Ojol di Solo yang Tembus ke Parlemen

Kamis, 07 Maret 2024 – 12:42 WIB
Ini Sosok Ojol di Solo yang Tembus ke Parlemen - JPNN.com Jateng
Mukti Junianto seorang ojek online asal Pucang sawit RT 01/14, Jebres, Solo berhasil tembus sebagai anggota DPRD Kota Surakarta dalam Pemilu 2024. Foto: Romensy Augustino/JPNN

jateng.jpnn.com, SOLO - Mukti Junianto, seorang ojek online asal Pucang sawit RT 01/14, Jebres, Solo berhasil tembus sebagai anggota DPRD Kota Surakarta dalam Pemilu 2024.

Caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI) nomor urut 1 itu berhasil meraup total suara 2.058 di Dapil 5 Kota Solo, yakni Kecamatan Jebres.

Mukti mengawali karier politiknya sebagai Relawan Pro Jokowi (Projo) pada 2019. Dua tahun berselang dia gabung ke PSI karena Presiden Jokowi.

"Baru PSI, sebelumnya tidak pernah ikut politik. Jenuh lihat politik, terus saya lihat di TV, Pak Jokowi kurang ada yang membela. Kenapa kok saya tidak masuk politik ya," ujarnya saat ditemui di rumahnya di Jebres Solo, Kamis (7/3).

Sejak itu Mukti fokus untuk menekuni bidang politik. Dia didampingi Ketua DPC PSI Solo saat itu Antonius Yoga mulai bersosialisasi dengan masyarakat.

"Saya maju karena ingin memastikan hal semua warga tidak mampu menerima batuan pangan dan KIS. Makanya saya ambil di komisi 4," katanya.

Keputusan menggeluti dunia politik mewajibkan Mukti mengorbankan pekerjaannya sebagai salah satu karyawan di PT. ATMI Sukoharjo setelah 14 tahun bekerja.

Dia memutuskan keluar pada 2023 dan menggantungkan hidupnya serta istri dan ketiga anaknya bersumber dari tukang ojek online (ojol) Maxim yang sudah dia geluti sejak 2017.

Mukti Junianto seorang ojek online asal Pucang sawit RT 01/14, Jebres, Solo berhasil tembus sebagai anggota DPRD Kota Surakarta dalam Pemilu 2024.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News