Pilkada Solo Diprediksi Tanpa Kaesang, Begini Penjelasan Prof Suwardi

Selasa, 26 Maret 2024 – 22:20 WIB
Pilkada Solo Diprediksi Tanpa Kaesang, Begini Penjelasan Prof Suwardi - JPNN.com Jateng
Prof. Suwardi saat diwawancarai di salah satu rumah makan di Solo, Selasa (26/3/2024). Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Soloraya Polling menempatkan Ketua Umum (Ketum) PSI Kaesang Pangarep menjadi tokoh paling populer di Pilkada Surakarta 2024. Kendati demikian, lembaga tersebut memprediksi Kaesang tidak akan mengikuti kontestasi Pilkada Surakarta 2024. 

Menurut Peneliti Soloraya Polling Prof. Suwardi, kursi orang nomor 1 di Solo hanya akan diperebutkan oleh Kanjeng Gusti Mangkoenegara X Bhre Tjakhrautomo dan Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa.

Dia menyebut sangat kecil kemungkinan Kaesang ikut kontestasi Pilkada mengingat putra bungsu Presiden Joko Widodo itu adalah seorang Ketum partai. Kedudukan seorang Kaesang itu berada di tingkat nasional seperti Menteri. 

"Saya tidak yakin dia mau perang di Pilkada Solo karena Mas Kaesang itu ketua PSI. Walaupun tidak lolos parlemen," katanya saat diwawancarai, Selasa (26/3).

Suwardi juga menyebut bahwa keikutsertaan Kaesang dalam kontestasi Pilkada Solo akan meningkatkan resistensi masyarakat terhadap pemerintahan Jokowi soal politik dinasti. Begitu pula jika Kaesang menjabat sebagai seorang menteri.

"Namun, kalau dia jadi menteri, dia (Kaesang) akan memperoleh panggung politik selama lima tahun. Juga akan menguasai sumber daya di kementerian yang dipimpin sehingga cukup penting untuk membesarkan PSI," kata dia.

Maka dari itu, lanjut dia, kemungkinan Pilkada Solo hanya akan diikuti oleh dua tokoh, yakni Bhre Tjakhrautomo dan Teguh Prakosa.

Berdasarkan hasil survey pada 8-17 Maret 2024 yang melibatkan 640 responden di 80 TPS Kota Solo, Bhre menempati peringkat ketiga kepopuleran bakal calon wali Kota Solo dengan 78, 5 persen. Bhre juga menempati peringkat kedua indikator elektabilitas bakal calon dengan 25,3 persen.

Pilkada Solo 2024 diprediksi tanpa keikutsertaan Kaesang Pangarep, meskipun putra bungsu Presiden Jokowi itu memiliki elektabilitas tertinggi.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News