Mengurangi Daerah Kumuh, Warga Banjarsari Solo Bakal Dibangunkan Rumah 2 Lantai

Selasa, 26 Maret 2024 – 11:33 WIB
Mengurangi Daerah Kumuh, Warga Banjarsari Solo Bakal Dibangunkan Rumah 2 Lantai - JPNN.com Jateng
Camat Banjarsari Benny Supartono saat diwawancarai di Balai Kota Surakarta, Rabu (26/3/2024). Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Warga Joglo RT 4 RW 7, Banjarsari, Solo direncanakan mendapat rumah 2 lantai dari program RTLH. Total ada 112 unit rumah yang kini sedang diproses eksekusi pembangunannya oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Camat Banjarsari Benny Supartono mengungkapkan bahwa warga Joglo RT 4 RW 7 itu sebenarnya menggunakan tanah milik Pemkot Suralarta seluas 6.000 meter persegi. Sejak 1998, mereka sudah menempati kawasan tersebut dan dalam beberapa waktu kemarin mengajukan permohonan agar bisa mendapatkan hak guna bangunan.

“Rencana mau dibikin rumah, kalau yang mau dibuat 112 unit. Jadi, 6.000 m2 HP Pemkot yang (dulunya makam) sekarang sudah dibuat oleh warga dimanfaatkan rumah sejak 1998. Sekarang warga bermohon bisa diguna bangunan,” ujarnya saat ditemui, Selasa (26/3).

Pembangunan 112 unit rumah tersebut menjadi salah satu solusi dari permintaan warga sekaligus untuk mengurangi presetase kawasan kumuh di Kota Solo.

Dijelaskan Benny, jika Joglo RT 4 RW 7 juga merupakan salah satu kawasan kumuh di Kota Solo dan sekitar 90 persen warganya berpenghasilan rendah. Maka dari itu, pambangunan 112 unit diharapkan akan mampu mengurangi presentase kawasan kumuh di Kota Solo.

“Masyarakat di situ adalah masyrakat berpenghasilan rendah. Sekitar 90 persen adalah pengemis, pengamen yang tinggal di situ sejak 1998,” ujarnya.

Rencananya dari 6.000 meter persegi tanah, sebanyak 2.000 meter persegi akan dibangun rumah dan sisanya akan dibangun fasilitas umum seperti gelanggang olahraga, ruang pertemuan. 

Benny menuturkan konsep rumah untuk para warga yakni rumah tingkat 2. Di mana lantai bawah digunakan untuk dapur, kamar mandi dan ruang tamu, sedangkan lantai atas digunakan untuk tidur.

Warga Joglo RT 4 RW 7, Banjarsari, Solo direncanakan mendapat rumah 2 lantai dari program RTLH.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News