Pilkada Solo 2024, PDIP Lakukan Rekrutmen Terbuka, Pengamat: untuk Menguji Kualitas Kader

Rabu, 17 April 2024 – 21:33 WIB
Pilkada Solo 2024, PDIP Lakukan Rekrutmen Terbuka, Pengamat: untuk Menguji Kualitas Kader - JPNN.com Jateng
Ilustrasi Pilkada. Foto: Ricardo

jateng.jpnn.com, SOLO - PDI Perjuangan Kota Solo melakukan rekrutmen terbuka untuk bakal calon wali dan wakil wali kota Surakarta dalam Pilkada 2024.

Pengamat politik dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Mohammad Abdul Hakim menyebut rekrutmen terbuka PDIP tersebut bertujuan untuk menguji kualitas kader.

"Kalau rekrutmen terbuka itu ada dua fungsi, yang pertama adalah fungsi internal, yaitu ingin menguji sejauh mana kader internal ini diadu dengan kader eksternal," katanya, Rabu (17/4).

Dia mengatakan ada beberapa nama yang merupakan kader PDIP, tetapi masyarakat terhadap nama-nama yang muncul tersebut belum terlalu kuat.

"Di sini PDIP melihat dan ingin mengadu apakah kandidat internalnya itu memang paling diunggulkan atau sebetulnya masih ada alternatif lain," ujarnya.

Fungsi kedua, kata dia, adalah untuk mengukur ketertarikan pihak-pihak di luar partai politik.

"Rekrutmen itu menarik perhatian dan apakah ada partisipasi dari kalangan di luar kader PDIP, karena setiap ada kandidat dari luar kader kan pasti membawa sumber daya dan membawa jejaring suara dan jejaring relawan serta pendukung baru yang di luar PDIP," katanya.

Terkait hal itu, salah satu nama yang juga masuk bursa Pilkada Surakarta Diah Warih Anjari menilai langkah yang diambil PDIP Surakarta tersebut merupakan langkah tepat dan strategis.

Pengamat politik UNS menyebut rekrutmen terbuka yang dilakukan oleh PDIP pada Pilkada Surakarta bertujuan untuk menguji kualitas kader.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News