Analis Politik Sebut Sudah Saatnya PDIP Mengusung Sosok Muda di Pilgub Jawa Tengah 2024

Selasa, 28 Mei 2024 – 20:40 WIB
Analis Politik Sebut Sudah Saatnya PDIP Mengusung Sosok Muda di Pilgub Jawa Tengah 2024 - JPNN.com Jateng
Sejumlah baliho dan spanduk mulai bermunculan menjelang kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2024. Foto: Dokumentasi untuk JPNN

jateng.jpnn.com, SEMARANG - PDI Perjuangan dinilai sudah saatnya mulai mengangkat sosok-sosok banteng mudanya menghadapi kontestasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2024.

"Masyarakat saat ini sudah mulai memperbincangkan calon-calon gubernur dan wakil gubernur yang muncul. Responsnya menarik sekali, banyak sosok yang baru," kata analis politik Universitas Diponegoro Semarang Ghulam Manar di Semarang, Selasa (28/5).

Dia mengatakan di berbagai wilayah di Jateng, marak baliho dan poster sosok-sosok yang digadang-gadang maju pada Pilgub Jateng 2024, seperti Sudaryono (Ketua DPD Partai Gerindra Jateng), Dico Ganinduto (Bupati Kendal), K.H. Yusuf Chudlori (Gus Yusuf), dan Achmad Luthfi (Kapolda Jateng).

Baik Sudaryono, Dico (Golkar), maupun Gus Yusuf (PKB) sama-sama mewakili sosok muda dan berasal dari parpol, sementara baliho atau poster kandidat calon gubernur dari PDI Perjuangan nyaris tidak ditemui semasif sosok lainnya.

Meski banyak sosok baru, kata dia, masyarakat sebenarnya sudah mulai kritis dengan mempertanyakan mengenai kinerja dan latar belakang masing-masing kandidat yang akan maju Pilgub Jateng 2024.

"PDI Perjuangan saya kira punya Mas Hendi (Hendrar Prihadi) sebagai kader potensial. Beliau pernah menjabat Wali Kota Semarang selama dua periode dan punya track record yang cukup bagus di Kota Semarang," katanya.

Saat ini, Hendi yang juga Ketua Umum Taruna Merah Putih, organisasi sayap PDI Perjuangan, menempati jabatan setingkat menteri, yakni Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) RI.

Bukan hanya di Pilgub Jateng, beberapa kader muda juga bisa diangkat untuk pilkada kabupaten/kota, seperti drg. Rahajeng Widyaswari (putri mantan Menteri Dalam Negeri/Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, M. Herviano, dan sebagainya.

PDI Perjuangan dinilai sudah saatnya mulai mengangkat sosok-sosok banteng mudanya menghadapi kontestasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2024.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News