Selangkah Lagi, Ganjar Bisa Wujudkan Mimpi Luncurkan Pelabuhan Hortikultura

Jumat, 13 Mei 2022 – 15:59 WIB
Selangkah Lagi, Ganjar Bisa Wujudkan Mimpi Luncurkan Pelabuhan Hortikultura - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menghadiri Rapat Paripurna DPRD Jateng Masa Persidangan Ketiga Tahun Sidang 2021/2022, Jumat (13/5). Foto: Humas Pemprov Jateng

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo optimis mimpinya meluncurkan pelabuhan hortikultura di provinsi ini tinggal selangkah lagi.

Gagasan ini telah diupayakan Ganjar sejak 2021 dan telah mengantongi restu dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Menurut Ganjar, kehadiran pelabuhan hortikultura nantinya akan mendorong kemudahan dan meningkatkan ekspor dan impor produk pertanian hingga komoditas lainnya dari Jawa Tengah.

Ganjar mengatakan, selama pandemi Jawa Tengah punya kontribusi signifikan dalam kegiatan ekspor produk pertanian, perikanan dan peternakan Indonesia.

"Hari ini sudah disetujui karena kemarin saya di Makassar bertemu Mentan untuk membuka pelabuhan hortikultura," kata Ganjar dalam saat menghadiri Rapat Paripurna DPRD Jateng Masa Persidangan Ketiga Tahun Sidang 2021/2022, Jumat (13/5).

Ganjar mengatakan selama ini aktivitas ekspor impor Jawa Tengah dilakukan dari wilayah terdekat yaitu melalui Surabaya, Jawa Timur.

Sejalan dengan proses perizinan yang sudah diberikan, harmonisasi di tingkat pemerintah dilakukan dengan menyiapkan infrastrukturnya.

"Kalau itu terjadi neraca perdagangan kita akan naik cepat sekali, karena beberapa komoditas ekspor dari jawa memang terkonsentrasi di Jawa Timur dan yang kedua impor termasuk benih dan sebagainya juga kita ambilnya dari provinsi tetangga. Kalau ini bisa kita kelola, turunannya akan sangat banyak sekali," ujarnya.

Mimpi Ganjar membangun pelabuhan hortikultura di Jawa Tengah tinggal selangkah lagi. Dampaknya akan signifikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News