Gibran ke Paris, Teguh Prakosa Menggantikan Tugasnya

Minggu, 05 Juni 2022 – 09:30 WIB
Gibran ke Paris, Teguh Prakosa Menggantikan Tugasnya - JPNN.com Jateng
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa untuk sementara akan menggantikan tugas Gibran Rakabuming Raka selama 7 hari.

Hal terebut dilakukan karena Gibran akan berkunjung ke Paris, Perancis, untuk menghadiri pameran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dari Solo.

"Pak wali akan menunjuk Pak Wakil sebagai pelaksana tugas harian (PLH)," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Surakarta Dwi Ariyatno saat dihubungi, Sabtu (4/6).

Namun demikian, Teguh hanya menggantikan Gibran dalam urusan tugas harian sebagai Wali Kota Surakarta, di luar kebijakan.

Dwi mencontohkan misalnya tanda tangan soal pengangkatan jabatan, jika di dalam surat disebutkan nama Wali Kota maka yang berhak menandatangi adalah wali kota.

"Kecuali kalau wali kota mendelegasikan kepada wakilnya, tetapi harus ada surat dalam bentuk mandat," lanjut dia.

Jika Gibran hanya sebatas mengeluarkan surat perintah tugas harian, kata dia, maka Teguh Prakosa hanya akan menjalankan tugas harian bukan kewenangan.

"Kalau tidak salah, beliau (wali kota. red) berangkat Sabtu sore," beber Dwi.

Gibran Rakabuming Raka berangkat ke Paris, Prancis. Teguh Prakosa naik sementara.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News