Legislator: Bansos RTLH Harus Sasar Warga Terdampak Rob Semarang-Pekalongan

Jumat, 24 Juni 2022 – 21:30 WIB
Legislator: Bansos RTLH Harus Sasar Warga Terdampak Rob Semarang-Pekalongan - JPNN.com Jateng
Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Sukirman. (ANTARA/HO-Dok)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pemberian bantuan sosial berupa perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) dari pemerintah harus menyasar warga yang terdampak rob di Semarang, hingga daerah lainnya di pesisir utara Jawa Tengah.

Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Ketua DPRD Jateng Sukirman saat menanggapi isu rob di sejumlah daerah.

"Bansos yang masuk salah satu program pengentasan kemiskinan juga harus menyasar warga terdampak rob misalnya mendorong peningkatan bansos RTLH di wilayah terdampak bencana rob," katanya di Semarang, Jumat, (24/6).

Menurutya, pemerintah perlu ikut memikirkan wilayah permukiman penduduk di wilayah pesisir yang selalu tergenang banjir rob.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyebut saat ini mayoritas daerah yang berada di kawasan Pantai Utara Jateng sangat rentan bencana rob.

Kondisi itu, kata dia, bisa mengancam perekonomian masyarakat setempat.

"Misalnya, tiap bulan rumah warga selalu kemasukan limpasan air rob. Ini tentu akan menjadi beban tersendiri yang menguras banyak tenaga maupun pikiran," ujarnya.

Warga terdampak rob, imbuh Sukirman, hanya memikirkan bagaimana meninggikan tempat tinggal masing-masing, sekaligus menyelamatkan barang-barang berharga.

Wakil Ketua DPRD Jateng Sukirman meminta banso RTLH bisa ditujukan kepada warga terdampak rob Semarang-Pekalongan.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News