DPC PDIP Surakarta Keluarkan Surat Resmi untuk Gibran, Begini Isinya

Kamis, 02 November 2023 – 18:58 WIB
DPC PDIP Surakarta Keluarkan Surat Resmi untuk Gibran, Begini Isinya - JPNN.com Jateng
Ketua DPC PDIP Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo. Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Surakarta mengeluarkan surat resmi untuk kadernya atas nama Gibran Rakabuming Raka.

Surat tersebut berisi permohonan agar Gibran segera mengundurkan diri sebagai kader partai berlogo Banteng itu.

Kebenaran kabar tersebut disampaikan langsung oleh Ketua DPC PDIP Surakarta FX Hadi Rudyatmo saat dihubungi, Kamis (2/10).

Surat tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa. 

Pengiriman surat ini sebagai upaya lanjutan dari Rudy setelah pesannya melalui WhatsApp terkait pertemuan dengan Gibran tak kunjung terealisasi.

"Surat tanya Pak Teguh. Sudah disampaikan," ujarnya.

Rudy mengungkapkan bahwa surat tersebut berisi sebuah ajakan kepada Gibran agar Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak dituding bermain dua kaki jelang Pemilu 2024.

"Isinya menghimbau dan menyarankan saja untuk mengajak agar Mbak Mega di dua kepentingan dan Pak Jokowi tidak diisukan berdiri di dua kepentingan itu aja isinya," kata dia.  

Dalam surat tersebut Rudy juga meminta agar Gibran mengembalikan KTA PDIP dan membuat surat pengunduran diri seusai maju sebagai Cawapres Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024.

"Iya kami sarankan KTA dikembalikan dan mengajukan pengunduran diri itu aja. Karena dulu datang ke DPC sekarang ya pulang ke DPC lah kembali ke DPC. Dulu minta sekarang balekke (dikembalikan)," katanya. 

Rudy menegaskan bahwa dirinya sudah tidak memaksa untuk bertemu dengan putra sulung Presiden Jokowi itu setelah surat tersebut dikeluarkan. 

"Yen ora dijawab, yo rasah (kalau enggak dijawab, yo enggak usah). Mboten (enggak) karena belum dijawab ya udah," kata mantan Wali Kota Surakarta itu. 

Terpisah, Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa mengatakan surat tersebut sudah disampaikannya kepada Gibran pada, Selasa (31/10).

Teguh, juga sudah mengonfirmasi kepada Gibran bahwa surat yang dimaksud telah sampai ke dia.

"Suratnya sudah disampaikan dan sudah diterima. Sudah diterima pada, Selasa (31/10). Selesai acara SGS itu, malamnya itu Mas Wali saya tanya 'tadi saya sudah mengirimkan surat'. Mas Wali menjawab kalau sudah diterima. Jadi pagi itu surat masuk dan disusulkan kepada Gibran saat di Solo Technopark," katanya. 

Teguh menegaskan surat tersebut sampai disampaikan kepada Gibran karena Gibran tak kunjung membuat agenda untuk bertemu dengan Ketua DPC PDIP Surakarta itu. 

"Karena dijanjikan mau datang Pak Wali belum ke sana, terus akhirnya membuat surat yang intinya beliau (Gibran) untuk menulis surat pengunduran diri dan mengembalikan KTA," kata Teguh.(mcr21/jpnn)

PDIP Surakarta keluarkan surat resmi untuk kadernya, Gibran Rakabuming Raka. Surat tersebut berisi permohonan agar Gibran segera mengundurkan diri dari PDIP.

Redaktur : Sigit Aulia Firdaus
Reporter : Romensy Augustino

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News